Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Laut Sawu, NTT, Mei Ini Menjadi Wilayah Konservasi Ikan Paus

bluewhale.

Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur, pada bulan Mei mendatang rencananya akan dideklarasikan sebagai kawasan konservasi nasional untuk perlindungan mamalia laut, terutama Paus. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Konservasi dan Taman Laut Ditjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau kecil Departemen Kalaulan dan Perikanan, Agus Dermawan pada Kamis (12/2), saat mengikuti seminar nasional Moluska II, di Bogor.
Dijelaskan bahwa rencana tersebut saat ini tengah dibahas, menyusul diterbitkannya UU No. 27 tahun 2007 tetang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Menyinggung tentang alasan penetapan laut Sawu serta pengelolaannya, Agus Dermawan mengatakan bahwa laut Sawu yang luasnya mencapai 4.5 juta hektar itu merupakan wilayah migrasi setidaknya 14 jenis ikan paus, termasuk ikan paus biru (Balaenoptera musculus) dan ikan paus sperma (Physeter macrosephalus), yang saat ini merupakan jenis ikan paus yang sudah sangat langka.
Sedangkan pengelolaannya ditangani bersama antara pemerintah pusat serta daerah.
Deklarasi itu rencananya dilakukan saat pelaksanaan Word Ocean Conference and Coral Triangle Initiative Summit di Manado, Sulawesi Utara, pada Mei Ini.

14 Februari 2009 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar