Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Kisah Lalu

Satu Abad Ford Model-T “Si Pembentuk” Amerika

Mobil sudah dikenal di AS sejak tahun 1893. Henry Ford Company bahkan
sudah memproduksi Cadillac pada 1903. Namun, orang Amerika lebih
menghendaki adanya mobil murah dan mudah pengendaliannya. Mobil yang
bisa membuat mereka rela beralih dari kereta kuda.

Pada 27 September 1908 Ford mulai memproduksi mobil Model-T, mobil
dengan harga murah dan mudah pengendaliannya, dari pabrik Piquette di
Detroit, Michigan. Begitu masuk pasaran pada 1 Oktober 1908 mobil ini
segera merebut hati pembeli.

Pabrikan Ford sampai harus menghentikan sementara penjualan Model-T
pada Mei 1909 karena setiap kendaraan yang akan diproduksi sampai
bulan Juli sudah terjual. Harga jual pada saat itu 825 dollar AS atau
sekitar Rp 7,8 juta per unit.

Meski demikian, Henry Ford tetap belum puas. Ia punya obsesi bagaimana
bisa menekan biaya produksi dan memperbaiki produktivitas. Muncullah
sistem produksi ban berjalan, sebuah revolusi dalam industri otomotif.

Ford kemudian menaikkan upah pekerja dua kali lipat. Langkah yang
segera membentuk masyarakat kelas menengah di AS. Dengan harga yang
relatif murah, masyarakat kelas menengah tadi menjadi pembeli utama
Model-T. Apalagi, mobil ini kian disempurnakan.

Model-T mulai dilengkapi lampu dan sistem peredam kejut yang empuk.
Mobil keluaran Ford ini juga lebih bertenaga dengan harga yang tetap
murah. Di tengah kondisi jalan raya AS yang saat itu masih berlumpur
dan kotor, Model-T, yang kian bertenaga tetapi dengan suspensi empuk,
menjadi pilihan paling menarik.

Tinggalkan kuda

Mobil Model-T menjadi ikon produk Ford karena hampir dimiliki oleh
banyak keluarga di Amerika. Model-T mulai membentuk sebuah masyarakat
Amerika yang meninggalkan kereta kuda. Warga AS juga mulai gemar
bepergian, bebas berkelana ke seluruh negeri.

Bukan hanya itu. Model-T juga membuat banyak kota besar mulai
berkembang. Banyak warga kota yang kini bisa memiliki rumah dengan
halaman yang lebih luas di pinggiran kota. Model-T yang simpel dan
murah siap melayani mereka ke tempat kerja di pusat kota.

”Model-T membuat mobil bergerak dari hanya sebuah mainan menjadi
sebuah peralatan yang sangat berguna,” ujar Robert Casey, Kepala
Museum Transportasi pada Henry Ford Museum.

”Mobil lain dapat menyamai sukses ini jika ada seseorang datang dengan
ide sebuah mobil tidak hanya murah, tetapi punya kemampuan seperti
yang dimiliki Model-T,” ujar Casey yang menulis buku soal sejarah Model-T.

”(Henry) Ford satu-satunya orang yang bisa mewujudkannya,” tuturnya.
Mobil-mobil sebelumnya relatif mahal, sulit penanganannya, dan kurang
meyakinkan. Mobil-mobil sebelumnya hanya menjadi mainan para orang kaya.

Dengan adanya revolusi ban berjalan pada pabrik Highland Park,
Michigan pada tahun 1913, biaya produksi Model-T pada tahun 1925 hanya
260 dollar AS per unit. Harga jual sudah jauh di atas 825 dollar AS
per unit pada awal penjualan.

Henry mulai menerapkan proses perakitan terpadu menggunakan suku
cadang yang bisa gonta-ganti, efisien dalam penanganan material, dan
pembuatan suku cadang dalam satu atap. Dengan ban berjalan, waktu
pembuatan sebuah Model-T dari 14 jam per unit berkurang menjadi hanya
1,5 jam per unit.

Dengan terobosan ini, Ford cepat melakukan perluasan pabrik ke Eropa,
Asia, dan Amerika Latin. Pada 1921 Model-T mendominasi hingga 57
persen dari produksi otomobil dunia.

”Model-T bisa mempertahankan dominasinya karena selalu menjadi mobil
yang termurah dan ada momentum tertentu, yakni setiap orang punya
mobil Ford jadi tidak perlu memiliki mobil mereka lain,” ujar Casey.

Model-T akhirnya diganti dengan Ford Model-A pada 1927 setelah lebih
dari 15 juta unit terjual. Rekor ini terus bertahan hingga tahun 1972
dengan munculnya Volkswagen Beetle atau dikenal dengan VW Kodok
keluaran Jerman.

VW Beetle yang diproduksi pada 1938-2003 dan memiliki pabrik perakitan
di 16 negara, termasuk di Jakarta, Indonesia, ini telah memproduksi
21.529.464 unit. Produksi di Jerman sendiri mencapai lebih dari 15
juta unit. Meksiko menjadi negara terakhir yang memproduksi VW Beetle.

Meski demikian, Model-T tetap fenomenal karena membuat rekor dalam
kurun 19 tahun. VW Beetle meraihnya dalam 65 tahun. Karena itu, Ford
Model-T menjadi ikon tersendiri, terutama bagi Amerika. (AFP/PPG)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/09/30/00491216/satu.abad.ford.model-t.si.pembentuk.amerika

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: