Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Mozaik Kuno Berisi Kisah Samson dan Delilah ditemukan


Mozaik kuno di sinagoga
(foto: Live Science)

Israel – Para Arkeolog Israel kembali mengungkap penemuan terbaru yang berhubungan dengan sejarah bangsa Israel kuno. Penemuan itu berupa rangkaian mozaik batu pada lantai sinagoga (tampat ibadah Yahudi). Rangkaian mozaik batu berwarna itu menampilkan kisah Samson yang membalas dendamnya atas orang Filistin.

Seperti dimuat Live Science, Kamis (5/7/2012), penemuan tersebut didapat setelah para arkeolog melakukan penggalian di sebuah lokasi yang diperkirakan sebagai desa Yahudi kuno bernama Huqot.

Mozaik itu selain menampilkan kisah heroik yang sangat melegenda, tapi juga dinilai berkualitas tinggi oleh para arkeolog. Rangkaian kisah yang digambarkan mozaik tersebut menghiasi bagian dari lantai sinagoga yang dibangun pada 400 sampai 500 masehi.

Disebutkan penggalian yang dilakukan tim arkeolog pimpinan Jodi Magness dari University of North Carolina, baru pada dinding dari bagian timur bangunan sinagoga tersebut, sehingga belum dipastikan seberapa besar sinagoga ini.

Digambarkan mozaik-mosaik tersebut menampilkan beberapa kisah. Diantaranya, selain kisah Samson yang digambarkan sedang mengikatkan obor pada ekor sepasang anjing hutan, seperti yang dimuat dalam Kitab Hakim-hakim kitab suci Kristen (Alkitab) maupun Yahudi, juga menampilkan dua wanita yang diduga merupakan pasangan Samson yang berasal dari bangsa Filistin, juga terdapat tulisan Ibrani tentang balasan bagi mereka yang melakukan perbuatan baik.

Kisah Samson, seperti yang ditulis Alkitab pada kisah Hakim-Hakim 15:4 dituliskan: Maka pergilah Simson, ditangkapnya tiga ratus anjing hutan, diambilnya obor, diikatnya ekor dengan ekor dan ditaruhnya sebuah obor di antara tiap- tiap dua ekor.
Kemudian dinyalakannyalah obor itu dan dilepaskannya anjing-anjing hutan itu ke gandum yang belum dituai kepunyaan orang Filistin, sehingga terbakarlah tumpukan-tumpukan gandum dan gandum yang belum dituai dan kebun-kebun pohon zaitun.
Tindakan ini, seperti dikisahkan Alkitab, dilakukan Samson sebagai balas dendam atas orang Filistin setelah pengantinnya diberikan kepada orang lain.

Menurut Magness, kisah tersebut tidak biasa digunakan dalam mozaik sinagoga. Pasalnya, hanya dua sinagoga lain yang ditemukan dan menggambarkan Samson.
Kedua sinagoga lain itu tidak menampilkna kisah serupa dengan anjing-anjing hutan itu. “Hal ini membuktikan kisah Samson sangat populer di wilayah tersebut,” ujarnya.

5 Juli 2012 - Posted by | Agama, sejarah | , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: