Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Undang-undang Fakir Miskin Disahkan DPR

Jakarta -Rancangan Undang-Undang (RUU) Fakir Miskin resmi menjadi sebuah Undang-Undang (UU) Fakir Miskin, setelah disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
Abdul Kadir Karding selaku Ketua Komisi VIII DPR RI yang menggodok UU Fakir Miskin tersebut, mengatakan dengan adanya UU Fakir Miskin maka penanganan Fakir Miskin dapat dilaksanakan secara terukur, terpadu, terarah dan berkelanjutan.
“Dalam UU Fakir Miskin tersebut, Kementerian Sosial ditunjuk sebagai leading sector yang melaksanakan penanganan fakir miskin,” jelas Karding seperti dilansir Liputan6.com, Jumat 22/7). Dikatakan, Kementrian Sosial akan berkordinasi dengan Kementrian atau Lembaga terkait lainnya. Fakir miskin yang dimaksud dalam UU itu adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian, dan tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar bagi kehidupan dirinya dan atau keluarganya. Lebih lanjut Karding menjelaskan kalau nantinya setiap Fakir Miskin berhak mendapat kecukupan pangan, sandang dan perumahan.
“Kemudian, sambungnya, Fakir Miskin juga memperoleh pelayanan kesehatan, pendidikan dan mendapat perlindungan sosial. Kemudian, Fakir Miskin mendapat pelayanan sosial melalui jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan rehabilitasi sosial dalam membangun, mengembangkan dan memberdayakan diri dan keluarga.
Lebih lanjut, Karding yang merupakan politisi PKB ini mengatakan bahwa, Nantinya Kementerian Sosial akan melakukan verifikasi dan validasi terhadap hasil pendataan yang dilakukan lembaga dibidang pendataan mengenai masyarakat miskin. Lalu, verifikasi dan validasi akan dilakukan secara berkala sekurang-kurangnya 2 tahun sekali.

22 Juli 2011 - Posted by | Uncategorized | , , , , ,

1 Komentar »

  1. Siap-siap.. Fakir miskin bakal jadi proyek empuk bagi para koruptor.

    Komentar oleh Ani | 23 Juli 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: