Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Dianiaya, 9 Pekerja NTT Datangi Polisi Batam


BATAM – Sembilan warga Nusa Tenggara Timur mendatangi Kepolisian Sektor Lubuk Baja di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (22/6/2011), malam. Mereka melaporkan perusahaan penyalur tenaga kerja, PT Tugas Mulia, terkait dugaan penganiayaan dan eksploitasi.
Pelaporan kepada polisi tersebut didampingi pengurus Persatuan Keluarga Nusa Tenggara Timur (PK NTT). Sebagai bukti penguat, malam ini juga dua di antara ke-9 tenaga kerja itu dibawa ke rumah sakit untuk visum.
“Setiap hari kami semua selalu dipukul dan ditampar,” kata Yustina Fok yang mengalami luka memar di dada dan paha.
Selama ditampung, eksploitasi oleh perusahaan yang dirasakan mereka antara lain berupa tindak kekerasan, pelecehan seksual, kungkungan dalam penampungan, dan pengebirian hak-hak tenaga kerja. Hal itu setidaknya dilakukan empat orang dari pihak perusahaan.
Rusna (42), pemilik PT Tugas Mulia, mengakui adanya kekerasan yang dilakukan. Namun hal itu disebutkannya sebagai langkah wajar, dalam konteks pendidikan dan tidak sampai bentuk penganiayaan.
Ke-9 warga Nusa Tenggara Timur itu direkrut PT Tugas Mulia melalui perwakilannya di Kupang. Mereka dijanjikan pekerjakan di Kota Batam dengan upah Rp 1,6 juta per bulan, namun gaji tiga bulan pertama upah menjadi milik perusahaan sebagai ganti modal transportasi pesawat terbang Kupang-Batam.
Setiba di Batam, perusahaan menyatakan bahwa gaji bersih yang diterima adalah Rp 650.000per bulan, karena Rp 1,6 juta masih harus dipotong iuran Jamsostek serta ongkos makan serta tempat tinggal selama di Batam. Gaji bersih Rp 650.000itu pun tak pernah diterima para tenaga kerja, karena berdasarkan buku keungan perusahaan mereka dianggap masih memiliki utang kepada perusahaan.
Kecuali Petrus yang bekerja sebagai pekerja kasar di sebuah hotel, tenaga kerja lainnya bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Mayoritas baru bekerja selama dua minggu sampai tiga minggu di Batam, tetapi ada pula yang sudah bekerja selama 1,5 tahun. Kompas

23 Juni 2011 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. Seharusnya pemda Nusa Tenggara Timur ikut membantu. Thank’s ya bung, sudah posting informasi berguna ini

    Komentar oleh NUSA TENGGARA TIMUR ezine | 5 Agustus 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: