Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Thymosin Beta 4, Obat Yang Bikin Jantung Rusak Sembuh Sendiri


Harapan penderita serangan jantung untuk sembuhi sejauh ini dianggap mustahil karenanya para penderita yang mendapat serangan jantung akan pasrah begitu saja karena mitos kerusakan otot jantung akibat serangan jantung sejauh ini telah dianggap akan menjadi permanen.

Namun baru-baru ini para ilmuwan berhasil membalikan mitos tersebut setelah mereka sukses melakukan serangkaian ujicoba pada tikus.
Pada uji coba terhadap tikus tersebut, ternyata obat yangl diptakan mampu merangsang otot jantung memperbaiki sendiri kerusakannya.
Adalah Tim ilmuwan dari University College London, Inggris, dalam siaran BBC menyebutkan, riset yang dilakukan terhadap kelompok sel yang rusak -pada manusia, kasus ini sering dialami orang dewasa dimana saat serangan jantung, sel epicardium-derived progenitor ini menjadi tidak aktif atau tidur- oleh tim ahli tersebut menggunakan zat kimia thymosin beta 4, ternyata mereka mendapati bahwa zat kimia thymosin beta 4 mampu merangsang tipe jaringan yang pasif atau tidur menjadi tipe jaringan jantung yang aktif.
“Sel epicardial yang pasif pada otot jantung bisa diaktifkan lalu membentuk sel otot jantung yang baru. Kami melihat perbaikan kemampuan jantung untuk memompa darah naik 25 persen,” jelas profesor Paul Riley dari University College London.
Sejauh ini memang telah diketahui pada kasus serangan jantung akan berakibat jaringan otot rusak atau mati karena kekurangan oksigen. Oleh karenanya, apabila aliran darah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dapat dipulihkan, kerusakan jantung dapat dibatasi.
“Makin banyak darah yang dipompa, jaringan pasif dijantung bisa dikurangi dan dinding jantung menjadi tebal,” paparnya.
Apabila obat ini kelak juga efektif pada manusia, maka jutaan nyawa pasien serangan jantung bisa diselamatkan.

Thymosin beta 4, yang oleh British Heart Foundation dianggap sebagai keajaiban memang masih diperlukan beberapa tahun lagi sebelum dipakai manusia.
Namun setidaknya ada harapan baik bagi para penderita serangan jantung untuk kembali normal seperti sediakala. BBC/Kompas

9 Juni 2011 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: