Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Setelah dilanda Gempa, Bencana Nuklir Mengancam Jepang

Sebagian reaktor nuklir Fukushima 1 di Jepang runtuh setelah terjadi ledakan. Menurut televisi Jepang yang dikutip Radio Netherlands Worldwide, atap dan dinding reaktor berterbangan akibat ledakan.


Peristiwa itu melukai beberapa pegawai disana. Sementara itu asap putih masih terus terlihat mengepul.

Menurut televisi Jepang, sinar radioaktif di sekitar instalasi nuklir tersebut lebih tinggi dua puluh kali lipat dibanding biasanya.

Menurut keterangan beberapa media, gempa dahysat itu mengakibatkan rusaknya sistem pendingin, dan meningkatkan tekanan di reaktor tersebut.

Bukan Chernobyl

Sebelumnya para pegawai reaktor nuklir mengatakan kemungkinan pelelehan. Jika memang betul terjadi maka bukan tak mungkin bencana Chernobyl akan terulang kembali. Namun masalah itu akhirnya berhasil diatasi dan pusat reaktor nuklir kembali mendingin.

Namun masih ada beberapa pendingin lagi yang dibutuhkan. Untuk menghidupkan pompa pendingin maka dibutuhkan saluran listrik, sementar di wilayah tersebut justru sarana listrik tidak bisa terpenuhi. Menurut Radio Netherlands Worldwide, generator yang digunakan sebagai cadangan juga belum bisa berfungsi.

Pemerintah Jepang juga telah memperingatkan kemungkinan melelehnya nuklir akibat pemanasan tinggi di reaktor. Namun, peringatan tersebut juga disusul keterangan akan kemungkinan tersebut sangat kecil. Kendati begitu, pemerintah jepang yang dinilai sangat tanggap akan bahaya telah melakukan evakuasi semua penduduk yang tinggal di wilayah tersebut.

12 Maret 2011 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: