Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Pasola, Pesta Rakyat Sumba


Sumba, pulau padang savana dengan kuda-kuda liar menjelajah pulau berbatu warisan leluhur. Hewan unggulan standar mondial itu merambah maraknya perang akbar Pasola, perang melempar lembing kayu sambil memacu kuda.


Pasola adalah bagian dari serangkaian upacara tradisionil yang dilakukan warga Sumba NTT yang masih menganut agama asli yang disebut Marapu. Setiap bulan Februari – Maret serangkaian upacara adat dilakukan dalam rangka memohon restu Yang Maha Kuasa agar supaya panen berhasil dengan baik. Puncak dari serangkaian upacara adat yang dilakukan beberapa hari sebelumnya adalah apa yang disebut Pasola.

Pasola adalah ‘perang-perangan’ yang dilakukan oleh dua kelompok berkuda. Setiap kelompok berjumlah 100 pemuda bersenjakan tombak yang dibuat dari kayu berdiameter kira-kira1,5 cm yang ujungnya dibiarkan tumpul. Walaupun tombak tersebut tumpul, pasola kadang-kadang memakan korban bahkan korban jiwa. Tidak ada dendam dalam pasola. Korban justru dipandang sebagai ‘berkat’.

Nama Sumba atau Humba berasal dari nama ibu model Rambu Humba, istri kekasih hati Umbu Mandoku, salah satu peletak landasan suku-suku atas kabisu-kabisu Sumba. Dua pertiga penduduknya adalah pemeluk yang khusuk berbakti kepada arwah para leluhurnya, khususnya kepada bapak besar bersama, sang pengasal semua suku. Marapu menurut petunjuk dan perhitungan para Rato, Pemimpin Suku dan Imam agung para Merapu. Altar megalik dan batu kuburan keramat yang menghias setiap jantung kampung dan dusun (paraingu) adalah bukti pasti akan kepercayaan animisme itu.

Pasola diselenggarakan di Sumba Barat bulan Februari di Kodi dan Lamboya dan bulan Maret di Wanokaka. Pasola menjadi klimaks seluruh rangkaian kegiatan upacara tradisional warga Sumba.
RNW

3 Maret 2011 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: