Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Hebat! Tanaman dimodifikasi Bisa Deteksi Bom

Sudah sejak zaman dahulu manusia menyadari bahwa saling memangsa atau saling membunuh pada habitat masing-masing kehidupan manusia, hewan serta tumbuhan telah menjadi hukum alam itu sendiri.
Bahkan pada zaman kelahiran agama, yang katanya bertujuan atau setidaknya mengklaim membuat hidup lebih bermartabat, pembunuhan-pembunuhan keji justru kian menjadi. Keyakinan akan pahala masuk surga dengan berbagai iming-iming kenikmatan “duniawi” justru menjadi penyebab utama seseorang kehilangan nuraninya untuk tega membunuh sesama manusia yang dianggap kafir.


Tak heran bom-bom bunuh diri pun bertaburan dimana-mana. Tanpa mengenal ampun nyawa ribuan manusia melayang. Sementara lainnya yang beruntung lolos dari kematian, juga terpaksa menderita cacat atau luka-luka. Akibat lainnya, secara langsung, ribuan anak-anak harus menjadi yatim piatu dan jutaan manusia lainnya mengalami trauma psikologi sepanjang hayatnya.

Namun, ternyata alam lebih bijak memberikan solusi. Buktinya, sekalipun ada ribuan teroris mengintip dengan senjata-senjata pembunuh masalnya, masih tetap ada manusia-manusia baik yang terus bereksplorasi dengan alam guna meminimilisir ancaman teroris itu sendiri.

Seperti dilansir Foxnews baru-baru ini, Profesor June Medford bersama tim Ilmuwan dari Colorado State University Amerika Serikat (AS) berhasil mengembangkan tumbuhan yang dimodivikasi sedemikian rupa hingga memungkinkan pendeteksian ancaman teror bom. Bagaimana mungkin?

Profesor June Medford mengungkapkan, bahwa menggunakan tanaman untuk mendeteksi patogen dan bahan kimia berbahaya sangat masuk akal.
Dicontohkan, pada iklim bumi bagian utara pisang berwarna hijau ketika belum masak, namun akan berubah warna jika terekspos gas ethylene.

“Kami memodifikasi tanaman agar bisa bereaksi dan berubah warna saat terekspos zat tertentu,” ungkap Medford yang lebih lanjut mengatakan bahwa cara ini bisa diterapkan pada semua jenis tanaman.

Sifat-sifat tumbuhan inilah yang dieksplorasi, terutama pada tanaman hijau, seperti yang telah berhasil mereka kembangkan, bisa berubah warna menjadi putih ketika mendeteksi adanya zat-zat tertentu pada senjata kimia atau biologi sekitarnya.

Mungkin seperti ini skenario penyelamatan teror bom: ketika anda berada disuatu tempat, ketika tanaman-tanaman hijau disana tiba-tiba berubah putih, hal itu menjadi peringatan tanda bahaya akan terjadi ledakan di sekitar area itu dan anda serta semua orang yang berada disana diharapkan segera mencari tempat aman.

Demikian, tanaman bisa digunakan untuk keamanan dan memberitahu akan adanya bahaya ledakan bom. Ini kedengaran fantastis!

Yang menggembirakan lagi, perubahan itu ternyata bisa dimodifikasi sedemikian rupa pada benihnya sehingga menjadi sifat permanen dan stabil dari tanaman tersebut.

“Kami memodifikasi benih tanaman. Sifat dan kemampuan ini stabil dan menempel pada tumbuhan itu selamanya,” kata Medford.

Ini berarti, penyebaran sistim pendeteksian bahaya terhadap keberadaan senjata kimia atau biologi sekitar kita bisa terwujud tanpa sistim yang ruwet serta menyeramkan, dan mungkin jauh lebih murah serta tentu saja ramah lingkungan ketika detektor hijau tersebut tersebar dilingkungan kita.

18 Februari 2011 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. nice blog. mohon saran untuk blog kami….

    Komentar oleh femalebox | 19 Februari 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: