Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Astagfirulllah! Bom Bunuh Diri Meledak di Bandara Moskow


Bandara Domodedovo, Moskow

Bom kembali meledak di tengah keramaian bandara terbesar Rusia dan menewaskan 35 orang. Jumlah korban tewas diperkirakan akan bertambah karena lebih dari seratusan lainnya dilaporkan mengalami luka akibat aksi teror yang diduga dilakukan militan muslim tersebut.

Serangan bom yang terjadi di bandar udara Moskow, Domodedovo sejauh ini telah menewaskan 35 orang. Tetapi saksi mata memperkirakan jumlah korban tewas jauh lebih banyak dari itu. Sejauh ini dilaporkan setidaknya 130 orang menderita luka-luka, termasuk diantaranya luka berat.

Bom meledak hari Senin, sekitar pukul setengah lima sore waktu setempat. Ledakan terjadi di terminal kedatangan penumpang penerbangan luar negeri. Kekuatan bom diperkirakan sebesar lima hingga sepuluh kilo TNT. Bom itu diisi dengan paku-paku serta potongan-potongan metal yang ditujukan untuk membunuh serta melukai sebanyak mungkin korban.

Beberapa media melaporkan, suasana terlihat mencekam pascaledakan bom terekam kamera pengawas (CCTV) di bandara tersebut.
Terlihat para korban luka terduduk di troli maupun bergelimpangan di lantai terminal. Sementara ruangan itu dipenuhi asap akibat kebakaran sebuah tembok. Petugas darurat tampak berdatangan menolong para korban.

Wakil pemimpin redaksi stasiun radio Echo Moskwy, Irina Zwei, yang kebetulan saat itu berada di terminal keberangkatan bandara untuk menunggu penerbangannya menuju Swiss, menuturkan apa yang dialaminya, seperti dikutip Radio Jerman: “Saya melihat banyak mobil ambulan, pemadam kebakaran dan mobil-mobil dari kementrian penanggulangan bencana yang datang ke bandara. Jalan dipenuhi dengan mobil-mobil tersebut.”


Pengamanan diperketat

Dalam pidato televisinya Presiden Rusia, Dmitry Medvedev mangatakan: “Seperti yang anda ketahui, telah terjadi ledakan bom di Domodedovo. Menurut informasi yang diperoleh hingga kini, itu adalah serangan teror.”
Ia juga menambahkan: “Langkah pertama yang harus diambil adalah peningkatan keamanan di semua bandar udara dan stasiun-stasiun kereta api bandara. Saya telah memerintahkan kementrian dalam negeri dan kementrian transportasi untuk menjalankan langkah-langkah yang diperlukan.”
Akibat aksi teror itu, penerbangan menuju Domodedovo sebagian dialihkan ke beberapa bandara terdekat. Pengamanan di berbagai kota di Rusia diperketat. Para penumpang, pengantar maupun penjemput di bandara diperiksa dengan ketat. Presiden Medvedev memutuskan menunda keberangkatannya ke Davos, Swiss untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Ekonomi dunia.



Pelaku diduga dari Kaukasus

Hingga saat ini, belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, namun sejauh ini pemerintah Rusia mencurigai pemberontak Chechnya dan kawasan panas lain di kaukasus Utara adalah dalang peristiwa tragis tersebut.
Kecurigaan ini berasal dari aksi brutal sebelumnya yang juga terjadi di kota Moskow.
Bulan Maret tahun lalu, bom bunuh diri menghantam jaringan kereta bawah tanah Moskow yang sangat sibuk tepat di saat jam sibuk dan menewaskan setidaknya 40 orang dan melukai 80 orang lainnya.
Dari hasil penyelidikan, diketahui dua pelaku bom bunuh diri itu adalah para perempuan yang berasal dari salah satu daerah konflik di Rusia, Dagestan.

BBC melaporkan, beberapa pejabat Rusia yang tidak disebutkan namanya mengatakan polisi kini memeriksa tiga orang tersangka yang diduga berkaitan dengan aksi berdarah itu. Sementara itu Kantor Berita Rusia melansir, ledakan itu berasal dari sebuah aksi bom bunuh diri. Mereka menyebut, pelaku bom bunuh diri itu mempunyai ciri-ciri berasal dari kaukasus utara yang dikenal berpenduduk mayoritas muslilm.

Kelompok ini yang lebih dikenal sebagai pemberontak Kaukasus Utara sebelumnya telah mengancam menyerang ke kota-kota dan kawasan ekonomi Rusia saat pemilihan parlemen tahun ini, dan pemilihan presiden 2012.

25 Januari 2011 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. Pelakunya pasti manusia-manusia pengecut serta sakit jiwa.

    Komentar oleh Subaroto | 25 Januari 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: