Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Malaysia Puncak, Tiga Pemain Pilar Timnas Indonesia Cidera

Indonesia adalah satu-satunya tim yang selalu memenangi setiap pertandingan pada ajang Piala AFF 2010, termasuk mengalahkan finalis lainnya, Malaysia, secara telak, 5-1, pada pertandingan kedua pada penyisihan group.

Namun kondisi terakhir berbeda dari kekalahan Malaysia yang sangat memalukan itu. “Ya, itu adalah hasil yang memalukan melawan Indonesia dalam pertandingan pembukaan. Tapi kami telah banyak berkembang selama turnamen berlangsung,” ujar kapten Malaysia, Mohd Safiq Rahim, seperti dikutip The Star.

Mohd Safiq Rahim benar, pada pertandingan setelahnya mereka berhasil membuktikan ketajaman serangan mereka dengan mencukur Laos 5-1. Usai itu mereka pun berhasil menjebol gawang Vietnam 2-0 dipertandingan kandang.

Pada pertandingan tandang negeri jiran ini pun memamerkan kemampuan pertahanan total mereka atas serangan beruntun Vietnam. Hasilnya 0-0.

“Kami bermain 200 persen, tapi kami tak bisa mencetak gol. Kami mendominasi pertandingan tapi gol tak juga datang,” keluh pelatih Vietnam, Henrique Calisto, seusai pertandingan tersebut.

Pada pertandingan final pertama, 26 Desember, saat menjamu Indonesia, Malaysia sudah menyiapkan strategi khusus guna mengulangi rekor 2-0 mereka atas Vietnam, “Kami akan mencoba memenangi leg pertama, seperti yang kami lakukan saat menghadapi semifinal pertama melawan Vietnam.” ujar kapten Malaysia, Mohd Safiq Rahim. Setelah itu pada pertandingan final dua, di Jakarta, bukan tidak mungkin strategi bertahan seperti terhadap Vietnam pun bakal dilakukan.

Lalu bagaimana Indonesia?
Berita tak sedap menyebutkan kondisi kesehatan tiga pilar timnas sepak bola Indonesia meragukan sehingga terancam tidak bisa diturunkan pada pertandingan final pertama melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Minggu (26/12).
Tiga pemain itu adalah kapten Firman Utina, gelandang lincah Oktovianus Maniani serta penjaga gawang Markus Haris Maulana.

“Masih ada waktu untuk melakukan penyembuhan. Kami berharap semua pemain bisa tetap bermain pada pertandingan final nanti,” kata fisioterapi timnas, Mathias Ibo pada media kemarin, Senin (20/12)

Menurut Ibo, Firman Utina masih didera cidera lutut yang diperoleh saat pertandingan babak penyisihan. Menurut dia upaya penyembuhan melalui terapi khusus terus dilakukan.

Namun, apabila belum menunjukkan perbaikan, maka penyuntikan penghilang rasa sakit pun akan dilakukan, seperti yang dilakukan pada pertandingan semifinal kedua melawan Filipina, Minggu (19/12).

Sementara Oktovianus Maniani, Mathias menjelaskan, cidera hamstring yang diderita oleh pemain asal klub Sriwijaya FC itu memang cukup menggangu persiapan tim. Hanya saja, pihaknya optimistis kondisi pemain berumur 20 tahun itu kembali pulih.

“Untuk Okto mengalami cidera hamstring saat melawan Filipina kemarin. Kondisi saat ini masih 50-50. Yang jelas dengan waktu yang ada proses penyembuhan terus dilakukan,” kata Ibo.

Sedangkan Markus Haris Maulana. Benteng terakhir timnas Indonesia itu dikabarkan mengalami cidera yang cukup serius pada bahu karena terjatuh saat bertanding melawan Filipina.

“Markus bahunya saat pertandingan kemarin sempat keluar (dislokasi) karena terjatuh. Sempat saya balikkan lagi posisi bahunya dan baru bisa main lagi,” katanya menjelaskan.

Seperti dilansir Metronews, meski ada pemain yang kondisinya meragukan, pelatih Alfred Riedl pada latihan setelah bertanding melawan Filipina tetap memberikan program yang telah ditetapkan. Khusus Firman dan Okto menjalani latihan terpisah.

Sementara itu pemain naturalisasi, Irfan Bachdim, yang tidak dimainkan pelatih Alfred Riedl pada pertandingan semifinal kedua melawan Filipina, oleh Ibo disebutkan kondisinya fit 100 persen.

Timnas Merah Putih sesuai jadwal akan bertolak menuju Malaysia untuk menjalani laga final pertama melawan Malaysia, Jumat (24/12). Esoknya, Minggu (26/12) seluruh pemain kembali ke Tanah Air untuk menyiapkan diri pada pertandingan final kedua di Jakarta, Rabu (29/12).

21 Desember 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , ,

2 Komentar »

  1. Pasti merah-putih menang

    Komentar oleh Anonim | 22 Desember 2010 | Balas

  2. Aku prediksi hasil Indonesia vs Malaysia imbang, 0-0

    Komentar oleh Jefrie | 23 Desember 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: