Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Temuan Baru: Seledri Cegah Pikun

Para ilmuwan di Amerika menemukan kandungan luteolin dalam Seledri (Apium graveolens L.) dan juga merica, yang ternyata mampu mencegah hilangnya memori saat usia seseorang semakin lanjut. Luteolin sendiri bisa mengurangi terjadinya peradangan dalam otak, yang sering dikaitkan dengan usia tua dan masalah daya ingat.


Sebuah tim dari Universitas Illinois mempelajari efek luteolin dalam otak serta perilaku 2 ekor tikus. Satu masih muda (3-6bulan), sementara tikus lainnya berumur lebih tua (2 tahun).

Tikus-tikus (masa hidup tikus rata-rata 2-3 tahun) tersebut lalu diberi makan makanan yang mengandung suplemen luteolin secara teratur selama 4 minggu. Biasanya tikus tua mengalami peradangan otak yang jauh lebih tinggi dan mulai kehilangan memorinya jika dibandingkan dengan tikus dewasa yang berumur lebih muda. Namun, para ilmuwan yang mempublikasikan penemuan ini dalam Journal of Nutrition (14/10) lalu, menemukan tikus tua yang diberi asupan luteolin ternyata memiliki daya ingat yang lebih baik daripada tikus lain sebayanya.

Profesor Rodney Johnson yang memimpin penelitian tersebut mengatakan,”hasil penemuan mendapati bahwa mengonsumsi makanan sehat macam seledri misalnya, mampu mencegah terjadinya peradangan otak, sehingga kemampuan kognitif manusia tetap terjaga hingga masa tuanya.”

3 Desember 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. Bagus bung, ini info yang aktual, menarik dan sangat bermanfaat!

    Komentar oleh Yono | 3 Desember 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: