Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Cara Tingkatkan Kesuburan Pria

Ketidaksuburuan atau infertilitas adalah ketidakmampuan perempuan untuk hamil dalam waktu setahun setelah rutin berhubungan tanpa kontrasepsi.

Umumnya, orang lantas menuding perempuan sebagai penyebabnya dan melupakan faktor-faktor lain dari pasangan pria.
Padahal bisa jadi disanalah penyebab utamanya.

Nah, kali ini kita membicarakan faktor pria-nya.


Untuk diketahui, kemampuan penis secara sempurna dalam melakukan penetrasi ke liang vagina tidak selalu berbanding lurus dengan kesuburan atau fertilitas lelaki (sperma), sekalipun secara umum, seperti dirilis WHO (World Health Organization); ketidaksuburan atau infertilitas pria (secara mayoritas) disebabkan oleh gangguan fungsi organ reproduksi, sehingga sperma tidak memenuhi kriteria kesuburan pria.

Masih ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan gangguan kesuburan pria, selain faktor “X”, ada beberapa faktor yang bisa diidentifikasi, antara lain faktor genetik, kondisi kesehatan secara fisik maupun secara mental, termasuk faktor makanan serta obat-obatan yang dikonsumsi.

Sedikit mendalami soal sperma -saya kutip dari Shvoong, saat pria mengalami ejakulasi ketika berhubungan intim, maka sperma yang dihasilkan oleh buah zakar atau testis akan terdorong keluar. Dalam perjalanannya, sperma diberi cairan (semen) yang dihasilkan oleh kelenjar prostat dan kantung mani (vesika seminalis). Selain berfungsi sebagai penghantar sperma, cairan ini juga berfungsi mempertahankan kondisi asam basa agar sperma bisa melawan keasaman vagina, serta sebagai sumber energi bagi pergerakan dan kehidupan sperma.
Testis sendiri dikelilingi oleh kantung testis (scrotum) yang berfungsi sebagai pelindung testis, sekaligus sebagai tempat mengatur suhu testis. Suhu testis, idealnya harus lebih rendah daripada suhu tubuh, yakni sekitar 34 ºC, agar bisa menghasilkan sperma-sperma yang baik. Itu sebabnya, kantung testis longgar agar testis bisa tergantung atau tidak melekat pada tubuh, berlekuk sehingga bisa membuang panas dengan mudah, serta tipis.
Untuk mengetahui kesuburan pria yang dikaitkan dengan kuantitas dan kualitas spermanya, maka pria yang bersangkutan akan diminta untuk menjalani serangkaian tes di laboratorium klinik kesuburan. Selanjutnya hasil tes biasanya dibandingkan dengan kriteria kesuburan pria menurut WHO berikut:
* Volume. Ada 2 hingga 5 mililiter (ml) semen yang keluar dalam sekali ejakulasi. Warnanya putih keruh (putih mutiara) dengan kekentalan biasa atau normal, serta berbau khas, bukan busuk.
* Jumlah. Dalam setiap mililiter semen, terdapat lebih dari 15juta ekor sperma. Kalau ada minimal 2 ml per ejakulasi, maka ada 30 juta ekor sperma yang berenang menuju sel telur agar terjadi pembuahan.
* Gerak (motilitas). Sperma yang dibutuhkan untuk pembuahan adalah yang memiliki gerak lurus minimal 30% dari keseluruhan sperma yang keluar.
* Bentuk. Untuk bisa masuk ke rahim dan mencapai sel telur, sperma juga harus memiliki bentuk normal minimal 15%. Sisanya, yang bentuknya tidak normal dan tidak punya gerak bagus, akan keluar lagi bersama semen.
Jika kriteria sperma sesuai dengan kriteria WHO tersebut, maka kesuburan pria yang bersangkutan dikatakan baik. Sebaliknya, jika ada kelainan jumlah, gerak, dan/atau bentuk, itu berarti sperma tidak normal dan pria yang bersangkutan dikatakan mengalami gangguan kesuburan.

Bila anda sudah tau itu, akan lebih mudah bagi anda untuk meningkatkan kesuburan anda atau pasangan anda bila anda wanitanya.

Berikut beberapa trik yang dikutip dari MSNHealth, yang bisa dilakukan para pria untuk meningkatkan kesuburan.

7 cara disebutkan yaitu:

* Jauhi pakaian ketat
Menggunakan pakaian longgar atau yang tidak ketat akan memungkinkan bagi testis untuk bernapas. Hal ini karena pakaian yang ketat bisa meningkatkan suhu testis sehingga dapat membunuh atau menurunkan kemampuan sperma dalam membuahi sel telur.

* Jauhi bak air hangat
Berendam air hangat atau air panas bisa merusak kesuburan dengan cara membunuh sperma yang sudah dihasilkan. Namun dokter mengungkapkan masih tetap aman untuk menggunakan kamar uap (steam room).

* Mengonsumsi L-karnitin dan asetil-L-karnitin
Laki-laki dengan jumlah sperma yang rendah bisa mencoba mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung L-karnitin dan asetil-L-karnitin. Kandungan ini memainkan peran dalam proses perkembangan, pematangan dan pemeliharaan sperma, sehingga dapat mengoptimalkan kuantitas dan kualitas sperma.

* Berhenti menggunakan kondom
Jika sedang menjalani hubungan monogami dan merencanakan untuk memiliki anak, sebaiknya hentikan penggunaan kondom untuk meningkatkan peluang tersebut.

* Jangan berlebihan dalam berhubungan seks
Berhubungan seks secara berlebihan tidak akan meningkatkan peluang pasangan untuk hamil, bahkan jika seseorang melakukan 4-5 kali hubungan seks dalam sehari. Hal ini karena jumlah sperma menurun drastis setelah ejakulasi, dan biasanya membutuhkan waktu 48 jam untuk bisa mencapai tingkat pra-ejakulasi.

* Mengonsumsi antioksidan
Nutrisi yang dikonsumsi bisa membantu sperma tumbuh sehat. Hal ini karena tingkat radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan kemandulan pada beberapa laki-laki, karena radikal bebas dapat merusak sel-sel yang sehat termasuk sperma.
Sperma memang memerlukan radikal bebas untuk membuah sel telur, tapi jumlahnya hanya sedikit. Jika terlalu banyak bisa merusak membran sel sperma dan DNA, serta mengurangi kemampuan sperma untuk membuahi. Untuk itu bagi perokok atau laki-laki dengan tingkat radikal bebas tinggi, diharapkan mengonsumsi banyak antioksidan seperti beta karoten, vitamin C dan vitamin E.
* Sedikit atau tidak sama sekali konsumsi alkohol
Studi menunjukkan laki-laki yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar dapat merusak kesuburannya. Seorang peminum berat sangat mungkin berakhir dengan hati yang rusak, tingkat estrogen yang meningkat di dalam hati yang rusak dapat menyebabkan gangguan produksi sperma.

27 November 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: