Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Cegah Bangun Gereja, Polisi Mesir bentrok dengan Kristen Koptik


seorang pemuda Kristen Koptik yang berusaha lepas dari semprotan gas air mata polisi
(foto: AFP)

Kesulitan mendapat ijin dari warga sekitar maupun pemerintah setempat menjadi persoalan klasik yang menghantui warga Kristen diberbagai negara atau tempat dimana warga muslim menjadi mayoritasnya.


Seperti kasus baru-baru ini, di Mesir, ratusan polisi melakukan pengpungan terhadap sebuah lokasi kelompok Kristen Koptik untuk mencegah rencana membangun gereja baru, menyusul aksi protes warga muslim sekitar.

Aksi pengepungan ratusan polisi Mesir tersebut mendapat perlawanan sengit dari kelompok Kristen Koptik menyusul bentrokan. Seorang demonstran tewas dan puluhan lainnya terluka dalam bentrokan itu setelah Polisi melepaskan tembakan dan gas air mata, sedangkan massa warga Kristen Koptik melempar batu dan bom molotov.

Lebih dari 100 orang ditahan dalam insiden ini, sementara pengamanan diperketat di kawasan luar kota Giza..

Pihak Kristen Koptik mengeluhkan perlakuan yang diskriminatif, mengatakan mereka telah mendapat izin untuk membangun gereja di daerah Giza, Kairo, tetapi para pejabat mengatakan mereka tidak memiliki ijin resmi.

“Orang diperlakukan secara diskriminatif. Kami tidak dapat membangun gereja, mengapa mereka mencegah kami,” keluh Samid Rashid, salah satu anggota Kristen Koptik.
“Setiap jalan ada masjid, setiap gereja ada masjid di sampingnya,” lanjutnya kepada kantor berita AFP.

“Saat kami melihat ada indikasi, bangunan itu dijadikan gereja, kami memberitahu pihak gereja untuk menghentikan pembangunan karena membangun gereja perlu izin berbeda,” kata gubernur Giza Abedl-Aziz seperti dikutip kantor berita Reuters.

BBC Inggris mengatakan unjuk rasa seperti ini jarang dilakukan kelompok Kristen Mesir yang mencakup sekitar 10% dari total 85 juta penduduk negara itu.

25 November 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. Sedih juga bila kita hendak mendirikan masjid ditentang seperti itu, sama seperti disini. Aq pikir, mengapa kita tidak biarkan saja pembangunan gereja-gereja selama tempat tersebut tidak dijadikan pusat gerakan terorisme, dan sepanjang ini aq tidak mendengar ada gerakan semacam itu di gereja-gereja kristen ya?

    Komentar oleh Firmansyah | 25 November 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: