Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Anak Krakatau Dikuatirkan Meletus


Anak Gunung Krakatau

Aktivitas Anak Gunung Krakatau dikuatirkan meletus, ini bisa segera terjadi apabila gempa tektonik di sekitar Lampung terus terjadi, seperti gempa terakhir sebesar 5.5 Skala Richter yang mengoyang barat daya Krui pada Rabu (3/11/2010), sekitar 10.01WIB.

“Gempa tektonik di Lampung bukan disebabkan karena aktivitas Gunung Anak Krakatau. Justru sebaliknya, gempa tektonik malah memicu terjadi gempa vulkanik Anak Krakatau,” kata Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM, Agus Budianto, kepada VIVAnews.

Lebih jauh dia mengungkapkan walaupun belum mengalami lonjakan yang drastis, saat ini aktivitas gunung yang berada di Selat Sunda itu kian meningkat.

Disebutkan, tercatat dalam satu hari ini telah terjadi enam kali gempa vulkanik kategori dalam, 117 kali gempa vulkanik dangkal, 223kali letusan, 157 kali hembusan, dan 219 kali tremor. “Totalnya dalam sehari terjadi 722aktivitas kegempaan, dan terjadi setiap 5 menit sekali,” ujar dia.

Agus melanjutkan, melihat aktivitas kegempaan yang ada ditambah dengan adanya gempa tektonik akan membuat aktivitas Gunung Anak Krakatau menjadi meningkat dan dikhawatirkan akan meletus.
“Memang kegempaan vulkanik yang dikeluarkan Gunung Anak Krakatau tidak dapat dirasakan secara langsung seperti gempa tektonik. Untuk itu kami terus melakukan pemantauan,” tegas dia.
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melansir gempa berada pada koordinat 6,6 Lintang Selatan dan 103,78 Bujur Timur. Gempa tektonik itu akibat pergerakan kulit bumi.

4 November 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: