Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Titik Semburan Lumpur Dingin di Sulamu Kabupaten Kupang Bertambah


Titik semburan lumpur dingin di Desa Pantai Beringin, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) bertambah menjadi delapan titik.

Semburan lumpur yang berdasarkan pengamatan awam mengandung unsur lumpur dan belerang itu, diberitakan Antara pada kamis 15 Juli lalu hanya ada tujuh titik, namun seminggu kemudian bertambah menjadi delapan titik.


Berita Kompas pada 21 Juli menyebutkan ada penambahan titik semburan lumpur dari dua titik sebelumnya menjadi delapan. Lubang-lubang tersebut diameternya bisa mencapai dua meter. Volume semburan lumpur juga semakin banyak sehingga mengalir menutupi jalan raya. Disebutkan, mulanya lumpur berwarna putih, namun sekarang bercampur cairan berwarna hitam menyerupai ter atau aspal. Di lokasi semburan, tercium bau belerang.

Sementara laporan Tempo menyebutkan satu-satunya sungai yang merupakan sumber air di daerah tersebut mulai tercemar.

Dilansir RRI, Camat Sulamu, Screning Dano yang tengah berada di Kupang, pada Jumat (27/8), melaporkan, titik semburan lumpur terakhir itu muncul tepat ditengah jalan trans negara menuju Distrik Oecusse, Timor Leste.

“Semburan lumpur itu muncul tepat ditengah jalan, sehingga mengganggu arus transportasi,” kata Dano, yang juga menambahkan, ruas jalan dimaksud masih bisa dilalui kendaraan roda dua.

Sejauh ini belum ada penjelasan resmi dari Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT terkait munculnya semburan lumpur tersebut.
Satu-satunya penjelasan datang dari Wakil Bupati Kabupaten Kupang, Viktor Tiran pada Juli lalu yang dikutip Antara, “Pemerintah memang belum mengambil tindakan. Kami juga belum tahu gejala alam apa yang sedang terjadi di Sulamu itu, karena masih menunggu hasil penelitian dari Badan Mitigasi Vulkanologi dan Geologi Bandung,” katanya.

Untuk meneliti masalah ini, pemerintah Kabupaten Kupang memang mendatangkan dua ahli geologi dari BMVG Bandung serta mengambil contoh lumpur untuk diteliti.

“Sampel semburan lumpur tersebut akan dibawah ke laboratorium untuk diteliti, dan secepatnya diinformasikan ke pemerintah daerah,” kata Herry Purnomo, salahsatu dari dua ahli geologi Badan Mitigasi Vulkanologi dan Geologi Bandung itu.

Disebutkan Tempo (8/7), usai meninjau lokasi lumpur Purnomo juga mengungkapkan ada kemungkinan semburan lumpur tersebut dapat membentuk kawah yang besar, karena titik semburan sangat berdekatan dan kemungkinan akan ada lokasi semburan baru.

Sayangnya, hingga kini hasil penelitian dari dua ahli geologi Badan Mitigasi Vulkanologi dan Geologi Bandung tersebut belum diketahui. Seiring itu pemerintah Kabupaten, Provinsi maupun Pemerintah Pusat belum mengambil kebijakan apapun.
Dan, untuk mengantisipasi semburan lumpur yang mengalir ke pemukiman warga, seperti diungkap camat Dano kepada RRI, pihaknya bersama masyarakat sekitar membuat semacam pagar penahan untuk mengarahkan aliran lumpur ke dalam hutan di sekitar lokasi semburan.

Garis patahan
Berdasarkan peta geologi, Pulau Timor memiliki patahan lapisan tanah cukup banyak, sehingga kemungkinan terjadi pergeseran patahan yang menyemburkan lumpur ke permukaan.

28 Agustus 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. Menurut Van bemelen NTT tidak termasuk daerah yang di lalui jalur vulkanikz.tetapi jika penelitia kami mengungkapan bahwa lumpur tersebut mengandung unsur belerang mka yg menjadi pertanyaan saya
    1.apakan unsur belerang ada juga di daerah yang tidak di lalui jalur fulkanik.
    2.jika lumpur tersebut mengandung unsur balerang mka teori Van bamelen apakah tidak berlaku lagi.

    Komentar oleh aquino seran | 9 Juni 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: