Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Inilah Sepuluh Pelatih Sepakbola termahal Dunia


Liga Primer Inggris dikenal sebagai liga bertabur bintang dengan penghasilan mencengangkan. Selama ini gaji para pemain top seperti Wayne Rooney, John Terry atau Didier Drogba dirilis secara terbuka namun gaji para manajer jarang sekali diketahui publik. Siapakah 10 manajer klub Liga Primer berpenghasilan tertinggi saat ini?


1. Carlo Ancelotti (Chelsea)
Inilah manajer termahal Liga Primer. Carlo Ancelotti yang piawai meracik pemain-pemain tua di AC Milan ternyata cepat beradaptasi dengan kerasnya Liga Primer. Dia membawa sistem berliannya untuk diterapkan dalam sistem permainan Chelsea. Dan taktik itu ternyata jitu, sehingga di musim pertamanya Carletto sudah berhasil meraih trofi Liga Primer. Selain itu, musim lalu Don Carlo juga mempersembahkan trofi Piala FA untuk Chelsea yang merupakan gelar ganda pertama sepanjang sejarah klub asal London itu. Atas prestasinya itu, Carletto diganjar kontrak hingga 2012 dengan nilai £6,5 juta per tahun.

2. Arsene Wenger (Arsenal)
Wenger dikenal sangat piawai mencetak pemain-pemain handal. Sebut saja Cesc Fabregas dan Theo Walcott yang bersinar di bawah asuhannya. Namun belakangan pasukan muda Arsenal semakin sulit bersaing dengan tim-tim mapan seperti Chelsea dan Manchester United. Meski demikian manajemen Arsenal masih mempertahankan pria Prancis yang sudah 14 tahun berada di Stadion Emirates. Kontrak terbarunya baru berakhir hingga 2014 dengan nilai £6 juta per musim.

3. Fabio Capello (Timnas Inggris)
Sukses di levek klub bersama AC Milan, Juventus dan Real Madrid membuatnya menginginkan tantangan baru. Dan tantangan itu datang dari tim nasional Inggris yang saat itu tengah menatap Piala Dunia 2010. Di tangannya, Inggris yang gagal lolos ke Euro 2008 menjadi tim yang menakutkan di babak kualifikasi. Sayangnya di Afrika Selatan, Capello gagal mengangkat performa tim sehingga Inggris pulang lebih cepat. Meski demikian FA masih mempercayai Capello hingga 2012 dengan kontrak £6 juta per tahun.

4. Roberto Mancini (Manchester City)
Karis kepelatihan Roberto Mancini di negeri asalnya sebenarnya cukup bagus. Dia memulai karir melatihnya bersama Fiorentina, kemudian berlanjut bersama Lazio. Bersama Lazio meski menghadapi krisis keuangan dia tetap bisa membawa klubnya berada di jajaran papan atas Liga Italia Serie A. Namun, sukses baru direguknya bersama Inter Milan yang diberinya tiga gelar Serie A. Sayangnya karirnya bersama Inter berakhir setelah kedatangan Jose Mourinho. Sekarang Mancini menangani Manchester City hingga 2013 dengan nilai kontrak £4,5 juta per musim.

5. Sir Alex Ferguson (Manchester United)
Tak ada yang perlu dikomentari dari sosok alex Ferguson. Dia sudah menangani Setan Merah selama 24 tahun sejak 1986. Prestasi ini membuatnya menjadi manajer kedua yang paling lama menangani Unted setelah Sir Matt Busby. Di tahun 2008, Fergie menjadi orang Inggris Raya ketiga yang meraih juara Eropa lebih dari satu kali. Prestasi paling dikenang adalah mempersembahkan tiga gelar untuk Manchester United dalam satu musim tahun 1999. Kini dia menjalani kontrak tanpa batas waktu dengan nilai £3,6 juta per musim.

6. David Moyes (Everton)
Pria kelahiran Glasgow, Skotlandia ini sudah tiga kali menjadi pelatih terbaik versi Asosiasi Pelatih Liga Inggris yaitu tahun 2003, 2005 dan 2009. Saat menjadi pemain, Moyes berposisi sebagai bek tengah bersama Celtic. Dia juga sempat memperkuat Dunfermline FC dan Preston North End. Di Preston pulalah karir kepelatihannya itu berawal tahun 1998. Kini dia menangani Everton hingga 2013 dengan kontrak bernilai £3,2 juta per musim.

7. Harry Redknapp (Tottenham Hotspurs)
Harry Redknapp memiliki sejarah kepelatihan yang panjang. Dia memulai karir pelatihnya tahun 1983 ketika menangani klub divisi tiga Bournemouth FC. Sepanjang karirnya dia sudah menangani sejumlah klub antara lain West Ham, Portsmouth yang dibawanya menjuarai Piala FA 2008, Southampton. Kini Redknapp menukangi Tottenham Hotspurs dengan kontrak senilai £3 juta hingga tahun 2013. Di bawah asuhannya Spurs untuk pertama kalinya sejak 48 tahun terakhir berlaga kembali di Liga Champions Eropa.

8. Roy Hodgson (Liverpool)
Salah satu prestasi paling dikenang dari pria Wales kelahiran tahun 1947 ini adalah membawa tim nasional Swiss melaju ke 16 besar Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Prestasi paling mutakhir adalah membawa klub medioker Fulham melaju ke babak final Liga Eropa musim lalu sebelum dihentikan Atletico Madrid 1-2, padahal saat mulai menangani Fulham tiga tahun lalu klub ini dalam kondisi nyaris terdegradasi. Prestasinya itulah yang membuat Liverpool jatuh hati dan menyodorkan kontrak melatih hingga tahun 2013 sebesar £3 juta per musim.

9. Steve Bruce (Sunderland)
Di masanya menjadi pemain, Steve Bruce menangguk sukses besar bersama Manchester United. Selain meraih gelar Liga Primer, FA Cup dan Piala Liga, sejarah mencatat Bruce sebagai kapten Inggris pertama yang meraih gelar ganda. Sayangnya, meski sukses di tataran klub Bruce tidak pernah memperkuat The Three Lions. Setelah pensiun dari lapangan hijau tahun 1998, Bruce mencoba peruntungannya dengan menangani Sheffield United. Setelah cukup sukses bersama Wigan Athletic musim lalu, Bruce kini menangani Sunderland dengan kontrak sebesar £3 juta per musim hingga tahun 2012.

10. Mark Hughes (Fulham)
Pernah sukses sebagai pemain salah satunya bersama Manchester United, Mark Hughes dikenal kurang sukses menangani klub. Namun, pria kelahiran Wales 1 November 1963 ini sempat dipercaya menangani sejumlah klub antara lain Blackburn Rovers dan klub kaya Manchester City. Setelah dipecat dari Eastland, Hughes menerima tawaran Fulham untuk menangani klub itu hingga 2013 dengan bayaran £2 juta per musim.

BBC

27 Agustus 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: