Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Maroko umumkan Tutup Ribuan Masjid


Pemerintah Maroko mengungkapkan rencana mereka untuk menutup sejumlah masjid bermasalah. Penutupan itu diperkirakan mencapai 1.256 masjid di negara tersebut.


Rencana ini akan segera direalisasikan, menyusul sejumlah kecelakaan maut yang menimpa para jemaah saat tengah beraktifitas didalam masjidnya. Seperti dilansir BBC Inggris, belum lama ini sebuah menara masjid telah runtuh dan menewaskan menewaskan 41 orang pada bulan Februari lalu.

Kementerian urusan agama Maroko mengatakan, lebih dari 500 masjid akan dirubuhkan total dan segera membangun kembali.

Kebijakan ini diambil menyusul berbagai kejadian ambruknya beberapa bagian masjid dari beberapa kejadian. Diantaranya, enam tahun lalu, di kota Fes, sebuah mesjid ambruk dan menewaskan 10 orang didalamnya.
Terakhir, pada Februari 2010, 41 orang tewas dan 67 orang cedera di kota kerajaan Meknes, ketika menara mesjid yang sudah berumur 400 tahun ambruk dan menimpa umat yang sedang melaksanakan sholat Jumat.

Kecelakaan terakhir di Meknes ini menimbulkan berbagai kecaman terhadap buruknya pemeliharaan masjid di negara tersebut. Ini menimbulkan reaksi Raja Mohammad ke-6 yang segera memerintahkan pemeriksaan bangunan fisik masjid secara nasional.

Wartawan BBC Richard Hamilton melaporkan bahwa sekitar US$ 300 juta dana disisihkan untuk proyek- proyek perbaikan dan pengadaan tenda sementara untuk beribadah di negara yang memiliki sekitar 48.000 masjid itu.

11 Agustus 2010 - Posted by | Uncategorized | , , ,

1 Komentar »

  1. Katanya rumah alloh, tapi ambruk?

    Komentar oleh When | 14 Agustus 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: