Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Muat Mangan Tanpa Dokumen Kapal Asing Ditahan Polda NTT


Foto: Erens.
Kapal asing Thai Long sedang memuat batu mangan di pelabuhan Wini, TTU, Sabtu (12/12/2009)

KUPANG -Thai Long, kapal barang asal Vietnam, yang mengangkut batu mangan dari pelabuhan Atapupu, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, ditahan Kepolisian Daerah (Polda) NTT, karena tidak memiliki dokumen, untuk mengangkut mangan, sebagaimana amanat dari UU Nomor 4 tahun 2009, tentang tambang batu bara dan mineral.
Kapal tersebut ditahan, saat Polair Mabes Polri, sedang melakukan patroli di perairan NTT, sekitar selat Ombay, 48 mil dari pelabuhan Atapupu.
Karena tidak memiliki satu pun dokumen angkutan mangan, kapal tersebut lantas diamankan pihak Polair.

Kapolda NTT, Brigjen Pol Yorry Yance Worang, saat meninjau kapal tersebut sekitaran perairan Hansisi, Semau, Senin (12/7), mengatakan, kapal Thai Long, diamankan karena mengangkut mangan sebanyak 2.500 ton, tanpa surat keterangan asal barang (SKAB), IUP maupun jenis dokumen lain.
“Kita amankan karena mereka tidak kantongi dokumen satupun, saat diperiksa oleh tim patroli Mabes Polri, disekitaran Selat Ombay, atau 48 mil dari pelabuhan Atapupu,” jelas Worang. Ditambahkan, mangan tersebut diduga diangkut dari Belu menuju China. Saat ini Polda tengah melakukan penyelidikan atas kasus tersebut dengan memeriksa para awak kapalnya. Namun, Kapolda NTT itu menyebutkan saat penyelidikan itu ada kendala dari segi bahasa.
“Kita masih lakukan penyelidikan, dengan memeriksa para saksi, terutama awak kapal,”

Kapal Thai Long dimaksud, yang kini tengah dijaga ketat oleh pihak Polair Polda NTT ini, berdasarkan keterangan masyrakat serta pantauan saya saat di Wini, telah malang melintang dalam setahun belakangan ini dengan pelabuhan tujuan Atapupu di Kabupaten Belu serta Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara dengan aktifitas tunggal mengangkut batu mangan dari Kabupaten Belu, TTU maupun TTS.

Seperti yang saya saksikan pada Sabtu (12/12) tahun 2009 lalu, kapal ini tengah melakukan aktifitas muat batu mangan di pelabuhan Wini, TTU, dibawah pengawasan petugas bandar setempat.
Menurut masyrakat setempat, kapal ini asal Thailand dan sering mengambil batu mangan dalam beberapa bulan belakangan ini.

12 Juli 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: