Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Kontroversi FPI: Bubarkan Atau Biarkan?


(foto: © RNW)

Oleh Aboeprijadi Santoso
Kontroversi seputar Front Pembela Islam FPI kembali kambuh. Haruskah di negara yang demokratis, ormas yang sering terlibat kekerasan dinyatakan terlarang, ataukah, seperti kelompok Ahmadyah, dibiarkan, namun dipagari?

Dikhawatirkan langkah pembiaran akan diambil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang hingga kini memilih diam. Sementara itu keresahan masyarakat meluas, tidak saja tentang FPI, tapi juga tentang stigma stigma yang berkembang. Dua tahun lalu, almarhum mantan Presiden Abdurrachman Wahid, kepada Radio Nederland, mengungkap, siapa sebenarnya yang berdiri di balik FPI.

  • Gus Dur: Pak Wiranto itu berbuat banyak kesalahan. Satu, dia melanggar hak-hak azasi manusia. Kedua, dia ini termasuk pendiri dari FPI Front Pembela Islam. Dia bersama Djadja Suparman dan Nurul Djajusman dan banyak lagilah.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa para jenderal tentara dan polisi-lah yang membidani lahirnya FPI pada 17 Agustus 1998. Tapi anehnya, hingga kini mereka tidak pernah diusik lagi, secara politik, apalagi secara hukum.

Sementara itu, FPI tetap berulah dengan pola serupa. Kali ini kontroversi bermula dari ulah FPI membubarkan acara sosialisasi kesehatan di sebuah restoran yang digelar oleh Ketua Komisi IX DPR, Dr.Ribka Tjiptaning, didampingi koleganya dari PDIP, Rieke Dyah Pitaloka, di Banyuwangi.

Munarman, mantan Direktur YLBHI yang kini memimpin FUI Front Ummat Islam, mengakui FPI terlibat, dan kelompoknya menganggap acara itu cuma temu kangen PKI.

  • Munarman: Bukan cuma ormas Islam. Tetapi yang perlu diketahui FPI bukan inisiator. Itu satu. Itu adalah undangan Yayasan Layar Kemendung. Tertulis: temukan dengan para korban Orde Baru alias eks-PKI.

Maka kontroversi pun segera bermuara pada soal pelarangan organisasi FPI. Usulan Ribka Ciptaning ini diperkuat koleganya dari PDIP, Eva Kusuma Soendari, dan mendapat dukungan dari Kaukus DPR dari berbagai partai.

Menurut Ulil Abshar Abdallah, pendiri Islam Liberal yang kini duduk di Pengurus Partai Demokrat, kekerasan yang dilakukan FPI sudah sistematis sifatnya.

  • Ulil Abshar Abdallah: Pokoknya meminta Kapolri supaya manggil Kapolres nya lah sebagai shock- terapi. Terus supaya FPI ini paling tidak dijadikan organisasi terlarang. Banyak juga kasus-kasus dengan FPI tidak pernah diselesaikan.

(RNW)

2 Juli 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , ,

6 Komentar »

  1. Sebagai muslim saya tidak setuju dengan tingkah laku mereka yang suka mengusung-ngusung Islam dalam sikap bar-bar mereka. Islam yang artinya damai justru digeserkan mereka menjadi jahat. Artinya saya setuju bila FPI yang terdiri dari kumpulan orang-orang tolol itu dibubarkan saat ini agar tidak terus memperburuk citra Islam.

    Komentar oleh Lukman | 3 Juli 2010 | Balas

  2. FPI? itu hanya kumpulan manusia-manusia berhati iblis yang pantas untuk dienyahkan!

    Komentar oleh Anti FPI | 6 Juli 2010 | Balas

  3. Tolong di cek darimana FPI peroleh dana untuk gerakannya. Kemungkinan besar dari sumber-sumber dana yang berasal dari sumbangan teroris

    Komentar oleh Toyo | 20 Juli 2010 | Balas

  4. FPI = Mesin Sewaan (Bodyguard) Pemerintah-Pengusaha.
    dimana sorban sebagai pelindungnya,
    bukanlah islam sebagai pelindungnya.
    karena Habib = Osama Bin Laden, pembela islam yang tidak diakui oleh islam sendiri.

    Komentar oleh soya | 31 Agustus 2010 | Balas

  5. Berkomentar sangatlah mudah…. seperti sekarang ini saya ingin berkomentar…. Orang yang ingin membubarkan FPI adalah Orang yang Munafik…Menciantai Islam tapi Tidak berbuat sesuatu apapun untuk Islam… FPI sangar karena Media selalu memberitakan Kesangarannya… coba kalo media liput terus kegiatan baik FPI…? Ketika bencana melanda negeri ini… satu-satunya organisasi masa yang pertama kali membantu adalah FPI tak peduli dia agamanya apa… pekerjaannya apa… selalu dibantu oleh FPI mereka tanpa pamrih membantu sesama… mana Organi sasi lain yang katanya cinta Damai tanpa kerusuhan Jaringan Islam Liberal…Mana? Laskar Cinta …Mana?…Ormas Damai …mana ? partisipasimu…!!!!
    walau aku bukan anggota FPI tapi akau selalu mendukung FPI…. jangan bubarkan FPI karenamusuh Islam dari LUAR NEGERI takut Indonesia lantaran salahsatu diantaranya ada FPI… Jika FPI Bubar… maka hutan belantara tak ada Macannya….. orang nebang hutan seenaknya………….

    Komentar oleh Nina | 10 Februari 2011 | Balas

  6. Jaya terus FPI….aku mendukungmu….Bubarkan JIL…” saya menghimbau kepada pemerintah bubarkan AHMADIYAH…. Bubarkan JIL…. jadikan JIL sebagai Organisasi terlarang di Indonesia…! Sip…

    Komentar oleh Ayah Mey | 10 Februari 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: