Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Posisi Whistle Blower Susno Makin Tersudut

Jakarta -Posisi Susno Duadji, Jenderal bintang tiga Polri makin terjepit. Setelah dilengserkan pasca kasus kriminalisasi dua pimpinan KPK, Bibit-Candra, sang peniup Whistle Blower kasus markus yang diduga melibatkan para petingg Polri, diantaranya kasus yang dilaporkannya itu adalah dugaan suap PT Salmah Arowana Lestari.
Ironisnya, justru sang Whistle Blower-lah yang terlebih dahulu ditetapkan sebagai tersangka kasus tersebut. Tidak sampai disitu, bekas Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri itu kembali ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dana pengamanan pemilihan kepala daerah Jawa Barat 2008, kasus yang belum tentu muncul bila Susno tak nekat ‘bernyanyi’ pasca pelengseran dirinya dari Kabareskrim.
“Tersangka kasus ini ya Pak Susno dan kawan-kawan,” kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Edward Aritonang di Jakarta, Selasa (25/5). Tapi Edward tak menjelaskan bagaimana keterlibatan Susno dalam kasus ini.
“Untuk saat ini, saya baru bisa menyatakan bahwa tersangka Susno dan kawan-kawan. Siapa kawan Pak Susno, nantilah akan kita sampaikan,” terang jenderal polisi bintang dua itu.
Edward menyebutkan, Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari penyidik Polri sudah diserahkan ke Kejaksaan Agung. Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), Marwan Effendy membenarkan bahwa Kejagung telah menerima SPDP itu.
Jampidsus menyatakan jaksa yang meneliti SPDP tersebut akan melibatkan dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat. “Tentunya disesuaikan dengan “locus delictie/tempat kejadian”-nya, maka dilibatkan jaksa dari Kejati Jabar,” kata Marwan.
Sebelumnya, Kabareskrim Komjen Pol Ito Sumardi Djuni Sanyoto menyatakan terkait kasus itu, penyidik Polri telah meminta kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengaudit dana itu. Ito menambahkan, penyidik Polri sudah meminta keterangan bekas anak buah Susno di Polda Jawa Barat sebagai saksi.
Polda Jawa Barat menerima dana Rp 27 miliar untuk pengamanan Pemilukada Jabar 2008. Susno diduga menyunat dana untuk kepentingan lain. (Sumber tulisan Metrotv)

25 Mei 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: