Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Janji pendiri Facebook soal pengaturan privasi


Facebook mengatakan setting baru akan segera diterapkan.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg mengakui lalai dalam menangani keprihatinan berbagai pihak mengenai pengaturan privasi di Facebook belakangan ini.

Dalam sebuah kolom di suratkabar Washington Post ia mengatakan situs jejaring sosial itu akan segera mengubah opsi privasi para penggunanya.

Langkah itu mungkin akan menenangkan semakin banyak penggunanya yang berjanji untuk keluar dari Facebook pada tanggal 31 Mei.

“Kadang-kadang kita melangkah terlalu cepat – dan setelah mendengarkan keprihatinan belakangan ini – kami menanggapinya,” tulis Zuckerberg.

“Pesan terpenting yang kami dengar belakangan ini adalah bahwa orang ingin lebih mudah bisa mengontrol informasi mereka.”

“Singkatnya, banyak yang berpendapat bahwa setting kontrol yang kami berikan terlalu rumit. Kami bermaksud memberikan banyak kontrol secara bertingkat, namun mungkin bukan ini yang dikehendaki banyak pengguna, ” tulisnya.

Penulis blog teknologi Robert Scoble mulai akhir minggu lalu juga menerbitkan email-emailnya dengan Zuckerberg, dengan izin yang bersangkutan, yang memuat pengakuan Zuckerberg bahwa jejaring sosial itu telah membuat banyak kesalahan.

Keprihatinan mengenai privasi
Facebook mendapat semakin banyak kecaman dari para aktivis kebebasan sipil di Amerika Serikat, kelompok konsumen dan para anggota kongres.

Para pejabat yang bertanggungjawab atas perlindungan data di Uni Eropa menggambarkan perubahan setting privasi yang dilakukan oleh Facebook belakangan ini tidak bisa diterima.

Pengakuan Zuckerberg diberikan setelah Facebook mengatakan pada hari Jumat 21 Mei bahwa mereka telah mengubah cara membagi informasi dengan pemasang iklan di situs tersebut.

Harian Wall Street Journal menyoroti bagaimana dalam situasi tertentu Facebook mengirim identitas orang yang mengklik iklan kepada pemasang iklan tersebut.

“Kami langsung membetulkan hal itu begitu kami tahu,” kata juru bicara Facebook kepada Wall Street Journal.

Zuckerberg tidak mengatakan kapan setting yang baru akan diberlakukan, namun mengatakan jejaring sosial itu bekerja keras untuk menerapkan perubahan tersebut secepatnya.

Namun masih harus ditunggu apakah Facebook telah berbuat cukup untuk mengubah pikiran semakin banyak pengguna yang mengatakan bahwa mereka akan meninggakan jejaring sosial tersebut.

Situs quitfacebookday mencatat lebih dari 13.500 anggota Facebook berjanji untuk menghapus profil mereka tanggal 31 Mei 2010. BBC

24 Mei 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: