Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Hahaha… Brankas Polda Sulselbar Digondol Maling, Rp 1,7 Miliar Raib

MAKASSAR -Mungkin bukan cuma saya, tapi anda juga saya pastikan bisa terbengong-bengong, mendengar kabar Markas Polda Sulselbar disatroni maling yang menggondol brankas yang diduga berisi 1.7 miliar Rupiah, milik Bendahara Keuangan Polda disana.
Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Hery Subiansauri membenarkan kasus itu di Makassar, Senin (19/4/2010).
“Memang benar ada pencurian yang terjadi di Satker Bendahara Keuangan tapi kita masih melakukan penyelidikan dulu apakah pelakunya orang luar taukah orang dalam,” katanya.
Pencurian brankas uang di Polda Sulselbar diketahui Senin (19/4/2010) pagi. Kasus luar biasa ini baru diketahui setelah bendahara staf pribadi (Spri) Satuan Kerja (Satker) Keuangan, Kompol H Mado Ilham melaporkannya ke kapolda.
Untuk itu Kapolda langsung membentuk tim khusus guna mengungkap kasus yang memalukan pihak Polri tersebut. Tim khusus ini langsung dibawah kendali Kapolda, melibatkan Direktorat Reskrim (Ditreskrim) dan Direktorat Intelkam (Ditintelkam).
“Kapolda langsung membentuk tim khusus dan Pak kapolda sendiri menjadi ketua tim,” kata Hery.
Dia mengatakan tidak mau berasumsi soal pelaku pembobolan isi brankas tersebut. Termasuk apakah melibatkan orang dalam atau tidak. Namun, ia membeberkan fakta di Tempat Kejadian Perkara (TKP), bahwa baik pintu maupun jendela tidak ada yang rusak.
Kapolda Sulselbar, kata Hery, menganggap peristiwa ini sebagai perbuatan yang sudah keterlaluan. Sehingga ia berharap, agar tim khusus yang dipimpin oleh Direktur Reserse dan Kriminal, segera mengungkap kasus tersebut.
Hery juga mengatakan, kasus pencurian itu masih dalam pendalaman pemeriksaan karena azas praduga tidak bersalah masih dijunjung tinggi. Belum ada bukti yang mengarah kepada salah satu pelaku. Namun, ia mengaku, jika semua anggota yang bertugas pada hari itu akan dimintai keterangannya.
Selain itu, lima regu yang bertugas sejak Jumat (16/4/2010) malam hingga Minggu (18/4/2010) malam juga akan dimintai keterangannya, termasuk anggota Staf Pribadi Keuangan juga masih dalam pemeriksaan.
“Kami belum tahu brankas yang dicuri itu berisi uang atau tidak karena semua pembukuan dan laporan keuangan juga masih dikumpulkan untuk dijadikan bahan penyelidikan. Bukan cuma itu, keluarga dan saksi lainnya yang terkait dengan masalah keuangan juga akan diselidiki,” ujarnya.
Namun, belum ada keterangan resmi soal besaran uang yang hilang. Namun beredar informasi, jumlah uang yang hilang lebih dari Rp 1 miliar. “Informasi masih simpang siur, ada yang bilang Rp 1,7 miliar namun ada juga yang menyebut Rp 1,1 miliar. Kami masih mencocokkan data pembukuan dan laporan keuangan,” tambah Hery.
Sementara beberapa anggota yang sudah dimintai keterangannya antara lain, Bendahara Satuan Kerja, Kompol Mado Ilham, Ipda Kasman, Bripka Dahri, Briptu Abrar, PNS Polda, Drs H Sarifuddin dan Herlina serta pegawai harian lepas (PHL) Awaluddin.
Sejak pencurian yang dilakukan di ruang 111 polisi yang setiap harinya berurusan dengan Bendahara Satker sudah mulai dibatasi karena penyidik memberikan garis polisi untuk kepentingan penyelidikan. Surya

20 April 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. Memang keterlaluan itu maling. Tapi aku yakin itu orang dalam, orang luar mah susah, itu nyaris mustahil.

    Komentar oleh Mus | 20 April 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: