Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Rusuh Tanjung Priok, Rusuhnya Jalur Gaza


JAKARTA -Amin (25) tampak gemetar saat dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Koja, Rabu (14/4/2010). Wajahnya tampak lesu dan ada bercak darah yang telah mengering di bajunya. Celananya tampak compang-camping dan sobek di beberapa bagian.
Dengan mulut bergetar, dia menuturkan telah menjadi korban keganasan Satpol PP dalam kerusuhan antara Satpol PP dan warga yang mempertahankan keberadaan Makam Mbah Priok. Saat itu, dia dan empat temannya ingin mengantarkan air mineral ke warga dan jemaah habib dari pengajian di masjid makam keramat tersebut.
“Kami tadi mau mengantar air mineral ke dalam, ke makam. Tadi sudah reda kan kerusuhannya, makanya berani masuk,” tutur dia saat ditemui di RSUD Koja, Jakarta, Rabu (14/4/2010).
Namun sial, dia dan keempat temannya berpapasan dengan beberapa anggota Satpol PP yang keluar dari arah makam. Salah seorang anggota Satpol PP langsung berteriak histeris dan menuding Amin sebagai biang kerusuhan. “Dia teriak dan menuding saya biang ribut, biang rusuh,” kata Amin menirukan anggota Satpol PP tersebut.
Tidak lama kemudian, anggota Satpol PP lainnya berdatangan dan mulai memukuli Amin dan empat temannya menggunakan tongkat. Karena mencoba melawan, akhirnya anggota Satpol PP tersebut mengikat Amin dan keempat temannya meggunakan tali tambang. Aksi pemukulan pun berlanjut, bahkan kelimanya ditelanjangi oleh anggota Satpol PP.
“Akhirnya tadi ada polisi dan melepaskan kami. Kami juga disuruh pakai pakaian kembali,” tuturnya kepada Surya.
Sementara itu media-media tv menampilkan keberingasan ‘massa’ terhadap Satpol PP dan Kepolisian. Dengan bersenjatakan golok, batu serta benda-benda tajam lainnya ‘massa’ yang beringasan itu menewaskan setidaknya, tiga orang petugas Satpol PP, yakni Israel, Soepono, dan Ahmad Tadjudin, serta melukai yang lainnya. Tayangan tv juga menampilkan ‘massa’ yang tengah melempar, mengejar hingga menendang para petugas yang melindungi diri dengan tameng-tameng mereka. Tampak juga bom-bom molotof yang bersileweran dilempar ‘massa’. Tayangan lainnya memperlihatkan beberapa kendaraan menjadi sasaran amukan ‘massa’, setidaknya tujuh diantaranya diberitakan dibakar.
Suasana yang mirip pergolakan di jalur Gaza ini adalah miniatur esensi mentalitas kongkrit bangsa Indonesia, dimana masyrakat dan pemerintahnya sangat kental bahkan ‘mabuk kepayang’ dengan prosesi keagamaan serta penuh penuh ‘cinta kasih pada kebenciannya’ itu.

15 April 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , , , ,

2 Komentar »

  1. Kok jadi mengerikan begini ya

    Komentar oleh Jan | 15 April 2010 | Balas

  2. menyedihkan….satpol pp ADALAH PREMAN BERSERAGAM…

    Komentar oleh Megametal | 17 April 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: