Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Malaysia Meninjau Kembali Politik Rasisme Terhadap Non Pribumi?


Najib Razak ingin Malaysia menjadi negara maju selambatnya 2020.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menjanjikan program reformasi ekonomi yang diharapkan akan menjadikan Malaysia menjadi negara maju selambat-lambatnya tahun 2020.
Termasuk dalam reformasi tersebut adalah pembongkaran sistem preferensi dan kuota yang selama ini menjadi hak istimewa kaum pribumi Melayu.
Di bawah sistem yang dimulai tahun 1971 oleh Tun Abdul Razak, ayah Najib Razak, warga Melayu mendapat keistimewaan di bidang pekerjaan, bisnis, pendidikan, perumahan hingga ke kontrak kerja dari pemerintah.
Awalnya program itu untuk mengangkat kalangan miskin Melayu tetapi dalam perkembangannya malah menjadi alat untuk patronase politik dan menguntungkan sebagian kecil masyarakat elit Malaysia.
Najib Razak mengatakan: ”Prioritas utama adalah menghapus kemiskinan, tanpa peduli latar belakang mereka.”
Ia mengakui bahwa pada masa-masa awal dia akan mendapat tentangan yang berat dari kalangan Melayu.
”Kita tidak bisa mengabaikan persoalan ini lebih lama lagi. Kalau kita ingin mengatasi diskrimasi dan menjadi obor bagi kawasan, kita harus melakukan reformasi,” kata Najib seperti dikutip berbagai kantor berita dunia.
”Kita harus menerima bahwa beberapa kebijakan, tepat untuk masa tertentu, masa lalu, tetapi menjadi rintangan untuk masa kini,” tambahnya.

Tetap memberikan hal istimewa
Namun seorang anggota parlemen Malaysia dari UMNO, kendaraan politik warga Melayu dan partai asal Najib Razak, Datuk Samsul Anuar Nasarah mengatakan reformasi ekonomi itu tidak akan menyentuh persoalan hak istimewa kaum pribumi.
”Hak-hak istimewa itu termaktub dalam pelembagaan negara. Perubahan tidak bisa dilakukan sewenang-wenang,” kata Datuk Samsul yang juga bekas Presiden Majlis Belia UMNO.
”Jangan silap, yang dilakukan perdana menteri adalah membuat pendekatan baru untuk melakukan liberalisasi perekonomian Malaysia agar bisa bersaing dengan negara tetangga maupun negala lain di dunia.”
Najib Razak yang mulai berkuasa April 2009 menginginkan pendapatan per kapita Malaysia melonjak dari US$ 7.000 saat ini menjadi US$ 15.000 dalam sepuluh tahun kedepan. BBC̱

31 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. i like your post, keep update your blog !!

    Komentar oleh berry | 1 April 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: