Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Rusia Bersumpah Dalang Bom Bunuh Diri akan dihancurkan


Selasa ini dinyatakan sebagai hari berkabung di kota Moskow

Para pemimpin Rusia bertekat menghancurkan mereka yang mendalangi serangan bom bunuh diri di jalur kereta bawah tanah Moskow.
Serangan Senin pagi yang menewaskan sedikitnya 38 orang serta melukai lebih dari 60 lainnya itu, hingga saat ini belum ada kelompok yang menyatakan bertanggung jawab, namun kelompok militan Islam dari Kaukasia Utara termasuk wilayah Chechnya dan Ingushetia diduga sebagai dalangnya.
Sudah lebih dari 100.000 orang tewas dalam 15 tahun konflik di Chechnya, sementara upaya perlawanan tingkat rendah terus berlangsung di wilayah sekitar Republik Ingushetia dan Dagestan.
Pemerintah kota Moskow menetapkan Selasa ini sebagai hari berkabung.
Presiden Dmitry Medvedev saat di lokasi peledakan mengungkapkan belasungkawanya serta meletakkan karangan bunga di salah satu lokasi pemboman di Moskow, menyebut para pelaku sebagai “hewan buas”.
Dia mengatakan “Kita akan hancurkan mereka.”
Presiden AS Barack Obama menelepon Presiden Medvedev untuk “menyampaikan duka cita secara langsung”, dan menambahkan pemerintahannya siap bekerjasama dengan Rusia untuk memburu pihak yang bersalah.
Sementara itu Perdana Menteri rusia Vladimir Putin juga bersumpah akan memburu para pelaku dengan mengatakan: “Teroris akan dimusnahkan.”
Putin menyebut serangan yang dilakukan dua pembom bunuh diri perempuan itu sebagai tindakan “keji”.
Para menteri luar negeri negara maju G8 yang kini tengah bersidang di Ottawa, Kanada juga mengutuk serangan itu.
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan pada kantor berita Interfax bahwa militan yang beroperasi di perbatasan Afghanistan-Pakistan kemungkinan membantu mengatur serangan bom di Moskow itu.
Sementara Menteri Luar negeri AS Hillary Clinton kepada CTV mengatakan secara umum ada kaitan antara sebagian besar serangan teror di seluruh dunia.
“Mereka saling mendukung, bertukar pelatihan, bahan peledak, informasi,” kata Clinton, meskipun mengakui dirinya tidak tahu banyak tentang insiden Moskow. VOA

30 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: