Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Serangan di Moskow Ulah Pemberontak Kaukasus


Serangan terhadap metro di Moskou hampir bisa dipastikan adalah ulah organisasi Muslim radikal dari Rusia selatan yang disebut Emirat Kaukasus. Demikian pernyataan pakar terorisme Ben Venzke kepada Radio Nederland Wereldomroep.

Serangan Senin (29/03) pagi, di ibu kota Rusia Moskow, yang terjadi saat jam macet menewaskan 37 orang. Menurut walikota Yuri Lushkov, pelaku adalah dua teroris aksi bunuh diri perempuan yang meledakkan diri dengan jeda waktu 40 menit, masing-masing di stasiun metro Lyubanka dan Park Kultury.
Tak pelak lagi pelaku memilih stasiun Lyubanka karena bekas markas besar KGB dan pendahulunya berlokasi di alun-alun yang juga diberi nama Lyubanka. KGB adalah dinas intelejen bekas Uni Soviet. Kini gedung itu berfungsi sebagai markas besar dinas intelejen FSB, yang di luar Moskow memiliki markas besar yang lebih besar dan lebih moderen.

Emirat Kaukasus
Menurut lembaga reset Amerika Serikat IntelCenter, kemungkinan besar serangan di Moskow adalah aksi apa yang disebut Emirat Kaukasus, kelompok jihad. Kelompok ini dipimpin oleh Doku Umarov dan berasal dari kelompok-kelompok sebelumnya yang terdiri dari warga Chechnye radikal dan penduduk lain Kaukasus.
Penduduk Islam di Kaukasus sudah sejak dahulu bersitegang dengan pemerintah pusat di Moskow. Tahun 1994 pecah perang pertama di Chechnya yang berlangsung dua tahun dan menelan ribuan korban jiwa. Perang kedua pecah tahun 1999. Di Chechnya sendiri Moskow memulihkan wewenang pemerintah pusat dengan kekerasan, tapi kegiatan kelompok pemberontak justru meluas ke republik-republik lain di Kaukasus. Emirat Kaukasus berhubungan dengan al-Qaeda dan juga menyumbang pasukan bagi misalnya Taliban di Afghanistan.

Ancaman
Pemimpin Emirat Kaukasus, Doku Umarov, belum lama ini mengancam akan melancarkan serangan di ‘seluruh Rusia’, termasuk terhadap rumah warga sipil Rusia biasa. ‘Perang masuk kota-kota Rusia’, kata Umarov beberapa saat lalu. Hampir semua serangan sebelumnya terhadap stasiun metro adalah ulah kelompok Emirat Kaukasus atau pendahulunya.
Menurut pakar terorisme Venzke, serangan Senin (29/03) yang terjadi di Moskow tidak dapat dicegah, karena ribuan orang yang menggunakan metro dan stasiun kereta tidak bisa diperiksa satu per satu.
Pihak berwenang Rusia memerintahkan pengamanan extra di semua bandar udara internasional.

29 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

2 Komentar »

  1. pertamaxx, salam kenal

    @SE SAE, salam kenal juga, sukses buat anda, dan tanks ats kunjungannya.

    Komentar oleh SE SAE | 30 Maret 2010 | Balas

  2. Napa Islam sadis gitu ya…? Apa karena ajarannya seperti itu, boleh membunuh? Apa sebenarnya tuhan yang mereka pembah?

    Komentar oleh Tuyula | 30 Maret 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: