Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Telat Israel, Yerusalem Tidak Akan Dibagi dan Tetap Menjadi Ibukotanya


Israel bersikeras Yerusalem akan tetap menjadi ibukota yang tidak akan dibagi dengan bangsa Palestina


Perdana Menteri Israel mengatakan kebijakannya mengenai Yerusalem tidak akan berubah. Ini berarti pertikaian dengan pemerintah Amerika Serikat mengenai pembangunan pemukiman Yahudi tetap tidak terselesaikan.
Pernyataan Benjamin Netanyahu itu dikeluarkan menjelang rapat dengan kabinet mengenai pembicaraan dirinya dengan Presiden Barack Obama.
“Posisi perdana menteri adalah tidak ada perubahan dalam kebijakan Israel mengenai Yerusalem dari kebijakan yang telah dilakukan pemerintah Israel selama 42 tahun terakhir,” demikian pernyataan tertulis yang dikeluarkan oleh kantor PM Netanyahu.
Tetapi juru bicara PM Israel itu juga mengatakan sudah ada “penyempitan perbedaan” antara Israel dan Amerika setelah pertemuan dengan Obama.
Perdebatan ini adalah mengenai rencana Israel untuk membangun 1.600 unit rumah di Yerusalem Timur, daerah yang diingkinkan bangsa Palestina untuk menjadi ibukota.
Setelah pengumuman itu pihak Palestina menarik diri dari pembicaraan damai yang sebelumnya dijadwalkan akan ditengahi oleh Amerika.
Media massa Israel melaporkan dalam pertemuan dengan Presiden Obama, PM Netanyahu mengatakan bahwa dia harus membicarakan hasil pertemuan itu dengan kabinetnya, yang mencakup mintra koalisi dari kubu ekstrem kanan yang sangat menentang pembagian Yerusalem, sebelum mencapai kesepakatan dengan Amerika.

Kota yang tidak akan dibagi
Israel bersikeras mengatakan bahwa Yerusalem akan tetap menjadi ibukota yang tidak akan dibagi.
Hampir setengah juta orang Yahudi tinggal di lebih dari 100kompleks pemukiman yang dibangun sejak pendudukan Israel terhadap Tepi Barat dan Yerusalem Timur tahun 1967.
Pembangunan pemukiman itu ilegal menurut hukum internasional, namun Israel menolak penilaian ini.
Pertikaian mengenai rencana Israel membangun rumah di Yerusalem Timur menyebabkan salah satu krisis terburuk dalam hubungan Israel dan Amerika dalam beberapa dasawarsa terakhir.
Israel mengumumkan rencana untuk membangun rumah-rumah baru di pemukiman Yahudi Ramat Shlomo di Yerusalem Timur ketika Wakil Presiden Joe Biden sedang berada di Israel.
Washington menyebut langkah ini sebagai sebuah penghinaan.
Beberapa jam sebelum Netanyahu bertemu Obama pada hari Selasa, pemerintah kota Yerusalem juga mengumumkan pembangunan rumah-rumah baru di daerah pendudukan Yerusalem Timur. BBC

27 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: