Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Konflik Mereda, Situasi Pulau Sumba Mulai Kondusif

Kupang -Situasi keamanan di pulau Sumba mulai kondusif setelah satuan Brimob dibantu TNI Angkatan Darat diterjunkan ke lokasi untuk meredam konflik antar dua desa. Konflik perebutan batas wilayah ini sudah terjadi sejak Rabu (24/3) dan menyebabkan seorang warga tewas.
Dilaporkan Antara, Kabid Humas Polda Nusa Tenggara Timur Kompol Okto Riwu di Kupang, Jumat (26/3), mengatakan, semua personil yang dikerahkan ke lokasi yang berbatasan antara Kabupaten Sumba Barat dengan Sumba Barat Daya itu tetap siaga sampai kondisi keamanan benar-benar pulih.
Ia mengatakan belum ada proses penyelidikan maupun penyidikan terhadap kasus ini karena polisi masih fokus pada pemulihan keamanan agar masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa, sekaligus untuk mencegah jatuhnya korban jiwa.
“Saat ini kita masih dalam proses pemulihan keamanan dan akan dilanjutkan dengan proses penyelidikan dan penyidikan di lapangan,” katanya.
Ia mengatakan siapapun yang terbukti melanggar hukum dalam kasus yang juga menyebabkan tiga rumah warga dibakar ini akan dibawa ke pengadilan untuk menjalani proses hukum.
Pertikaian antara warga Desa Waetana, Kecamatan Lamboya Kabupaten Sumba Barat dengan warga Desa Ede, Kecamatan Wewewa Selatan, Kabupaten Sumba Barat Daya sejak (24/3) menewaskan seorang warga setempat, Yudas Yerudara.
Kabid Humas belum mengetahui persis permasalahan di lapangan tetapi pertikaian itu diduga terjadi karena perebutan batas wilayah desa, yang kemudian memicu warga Desa Ede menyerang warga Desa Waetana yang tengah melakukan rapat untuk membahas batas wilayah yang dipersoalkan.
Dua desa yang dipisahkan oleh hutan dan semak belukar ini kemudian terlibat pertikaian dengan bersenjatakan parang dan tombak sehingga mengakibatkan seorang warga Desa Waetana Yudas Yerudara meninggal dunia.
Selama bulan Maret, di Provinsi NTT sudah empat kali terjadi pertikaian antarwarga yakni antar mahasiswa di Kota Kupang, antarwarga di Kabupaten Kupang, antar warga Flores Timur dan Sumba. TvOne

26 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , ,

1 Komentar »

  1. Pak polisi harus usut hingga, provokatornya ditangkap dan diadili.

    Komentar oleh Umbu | 27 Maret 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: