Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Penutupan Jalan Gereja Kalideres, Proses Hukum Menjadi Harapan

Toleransi kehidupan beragama di Indonesia memprihatinkan, terutama pada daerah-daerah yang mayoritas muslim serta didominasi oleh kelompok-kelompok tertentu yang giat menyemangati masyrakat bawah untuk anti toleran dengan menciptakan serta menghembuskan sentimen-sentimen berbau agama.
Hal ini dibuktikan dengan fakta yang terjadi selama ini, ratusan rumah ibadah yang di hancurkan serta dihalang-halangi pembangunannya.
Sementara Pemerintah yang diharapkan menjadi pengayom bagi minoritas yang tertindas, nampaknya akan sia-sia. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah setempat nampaknya menerapkan sikap pura-pura tidak mengetahui, sehingga kasus-kasus semacam ini bakal berjalan terus.
Seperti baru-baru ini, yang dilansir Suara Pembaruan, warga Perumahan Citra Garden III dan VI, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat yang mengalami penutupan jalan oleh oknum ormas, akhirnya, karena ketidakberdayaan, terpaksa menempuh jalur hukum untuk mendapatkan kembali hak-hak mereka sebagai warga negara Indonesia lainnya. Langkah hukum diambil, karena warga Perumahan Citra Garden III dan VI merasa sangat dirugikan dengan penutupan jalan tersebut.
Hal ini disampaikan oleh Edwin Pakpahan salah seorang wakil umat Stasi St Maria Immaculata, Paroki Trinitas kepada SP di Jakarta, Jumat (19/3). Selama ini, umat menginginkan dialog yang mutual dengan kelompok ormas yang berniat memboikot, namun selalu saja upaya dialog tersebut gagal.
“Kami juga kan warga negara dan semua memiliki hak dan kewajiban yang sama, yakni menegakkan hukum dan keadilan. Kami merasa sangat dirugikan. Semua izin sudah ada mulai dari izin mendirikan bangunan (IMB), izin prinsip yang dikeluarkan Gubernur DKI Jaya dan sudah mengikuti poin-poin yang ada dalam SKB 2 menteri. Nah, kalau kami sudah mengikuti aturan yang ada dan masih tetap diboikot, saya pikir langkah hukum merupakan satu-satunya jalan yang tersisa,” sambungnya.
Hingga Jumat (19/3) dua ruas jalan menuju perumahan Citra Garden III dan VI, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat masih diportal oleh ormas yang mengatasnamakan warga. Penutupan jalan ke rumah peribadatan ini dikarenakan sekelompok ormas secara sepihak menolak kehadiran Gereja Maria Immaculata yang sedang didirikan. Sekalipun demikian pembangunan gereja tersebut tetap dilanjutkan.
“Tindakan ini jelas-jelas merugikan kami dan hak kami untuk beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan kami sebagaimana tertuang dalam perundang-undangan yang berlaku,” kata Edwin.
Tentu, sebagai warga negara Indonesia, upaya Edwin dkk memang dijamin haknya oleh undang-undang, namun Edwin dkk juga mesti siap untuk menerima kenyataan, kalau-kalau -bisa saja, mungkin moral jajaran hukum sama miripnya dari moral para oknum ormas tersebut.

19 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , , , ,

6 Komentar »

  1. saya kawatir ada oknum yang meremuk redamkan dua agama ini.

    Komentar oleh abushinaalief | 20 Maret 2010 | Balas

  2. Apakah anda sudah melihat akar permasalahan2 dilapangan. Apakah wajar satu komplek yang orang kristennya 3 kk, di bangun gereja, ada yang lucu lagi satu komplek kristenya 9 kk dibangun 9 gereja alasanya karena alirannya berbeda. Anda jangan menyalahkan mayoritas
    aja biasanya yang selalu membuat masalah malah minoritas.. Ini bukan masalah mayoritas atau minoritas tapi soal tata tertip.. Coba anda cek kelapangan suratnya izinnya biasanya dengan pemalsuan izin warga.. Kita fair aja agama anda adalah misionaris selalu memaksakan kehendak walau dengan membangun gereja di pemukiman muslim.. Dengan membawa jemaat dari luar komplek.. Kita pelajari dulu permasalanya baru atau opini. Oke

    Komentar oleh yessusmuslim | 26 Maret 2010 | Balas

  3. Apakah anda sudah melihat akar permasalahan2 dilapangan. Apakah wajar satu komplek yang orang kristennya 3 kk, di bangun gereja, ada yang lucu lagi satu komplek kristenya 9 kk dibangun 9 gereja alasanya karena alirannya berbeda. Anda jangan menyalahkan mayoritas
    aja biasanya yang selalu membuat masalah malah minoritas.. Ini bukan masalah mayoritas atau minoritas tapi soal tata tertip.. Coba anda cek kelapangan suratnya izinnya biasanya dengan pemalsuan izin warga.. Kita fair aja agama anda adalah misionaris selalu memaksakan kehendak walau dengan membangun gereja di pemukiman muslim.. Dengan membawa jemaat dari luar komplek.. Kita pelajari dulu permasalanya baru buat opini. Oke

    Komentar oleh yessusmuslim | 26 Maret 2010 | Balas

  4. Hik..Hik.. Hebat..Hebat.. Pemujaku, kalian hebat, ayo, jangan mau kalah sama komunis, jangan mau kalah sama anak-anak Hitler. Tunjukan kebrutalan kalian, tunjukan kesadisan kalian seperti yang telah aku contohkan karena ini kewajiban kita sebagai hamba Setan. Ayo, lanjutkan!!!

    Komentar oleh Muhammad | 26 Maret 2010 | Balas

  5. Wahai kaum muslim, tolonglah jangan berlaku rendah, biarkan setiap warga bebas memiliki tempat ibadah serta bebas menjalankan keyakinannya. Mohon jangan hanya bisa berlaku curang, sirik, dengki, iri maupun jahat, tunjukan bahwa kalian adalah juga manusia yang bermartabad. Please…

    Komentar oleh Umbu | 27 Maret 2010 | Balas

  6. في بسم الله الرحمن الرحيم

    Lanjutkan….lanjutkan…….

    apa itu minoritas… bantai hangus…bakar semua gereja kaum kafirin, bantai semua orang nasroni bin kafirin

    monggo …monggo……

    gereja , orang kafir…. hantam lah sudah……….

    kalian umat ku yang kucintai tirulah Turki yang membanti 3 juta orang armenia, armenia anjing 2 kafir…
    kalian pula tiru sahabat ku khalifah Sadam Husein yang membantai jutaan orang2 syiah bin murtadin, jangan lupa murtadi bin kafirin orang2 kurdi abisi juga…

    tirulah umatku utusanku yang paling setia Osama Bin Lden.. maka kalian akan mendapat nikmat bidadari wanita umur 6 tahun di nirwana bersamaKU….

    insaAllah
    wassalam…….

    Komentar oleh muhammad bin abdullah | 31 Maret 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: