Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Kasus Pencabulan Petinggi Katolik, Paus Tetap Bela Selibati


Paus Benediktus membela selibasi di kalangan pastur

Paus Benediktus XVI membela status selibat di kalangan pastur dengan mengatakan itu merupakan pertanda “ketaatan penuh” kepada Gereja Katolik.
Ia mengatakan itu di depan konferensi teologi sebelum bertemu dengan uskup tertinggi Jerman untuk membahas krisis baru perihal pencabulan seks terhadap anak-anak.
Uskup Agung Wina menganjurkan agar Katolik meninjau kembali status selibat (pastur tidak menikah) dan juga soal pelatihan untuk para pastur.

Sejujurnya diperlukan
Skandal pedofil Katolik di Eropa sekarang melanda lembaga-lembaga di Irlandia, Belanda, Austria, dan Jerman.

Sejak bertahun-tahun ini Vatikan dilanda pencabulan seks

Di Wina, Kardinal Christoph Schoenborn menulis di majalah diosis bahwa “masalah penggemblengan pastur serta pertanyaan tentang apa yang terjadi di dalam apa yang disebut revolusi seksual” perlu ditangani.
“Itu juga termasuk isu selibasi pastur dan masalah pembinaan kepribadian. Diperlukan kejujuran, baik di pihak Geraja dan juga masyarakat secara keseluruhan,” tambahnya.
Tetapi paus mengatakan hari Jumat (12/03) bahwa selibat adalah “tanda ketakwaan, pengabdian penuh kepada Tuhan dan menunjukkan penyerahan diri kepada Tuhan dan kepada yang lainnya”.
Ia membela “nilai kesucian selibat, yang di Gereja Latin…diperlukan untuk pengangkatan sebagai pastur dan dijunjung tinggi oleh gereja-gereja Timur”.
Kardinal Schoerborn kemudian menjernihkan komentarnya dengan mengatakan adalah salah kalau disebut selibat sebagai penyebab utama pencabulan seks.

Badan pengawas
Dalam pertemuan Paus dengan Uskup Zollitsch, rincian mengenai tuduhan yang dilayangkan dalam sekitar 170 kasus pencabulan oleh para pastur Jerman menjadi bahas pembicaraan.
Di antara kasus Jerman itu ada tuduhan pencabulan terhadap anak-anak koor pada tahun 1950-an dan 1960-an.
Koor itu pernah dikelola oleh saudara laki-laki Paus, namun ia mengatakan tuduhan pencabulan itu terjadi sebelum dia memangku jabatan.
Berbicara selepas pertemuan, Uskup Zollitsch mengulangi permintaan maaf yang pertama kali disampaikan dua pekan lalu, dan mengatakan bahwa badan pengawas akan dibentuk. BBC

13 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: