Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Kojiro, Robot Pembantu Rumah Tangga


Impian manusia mengidamkan sebuah robot pelayan yang dapat melakukan semua pekerjaan rumah semakin mendekati kenyataan. Ilmuan di Tokyo University’s JSK Robotika Laboratorium, telah menciptakan sebuah robot humanoid bernama Kojiro, uniknya ia bisa bergerak dalam mode alami karena memiliki struktur kerangka mirip dengan manusia dan memiliki tulang belakang buatan.
Canggihnya lagi, terdapat sekitar 100 sistem mirip otot tendon yang memungkinkan Kojiro lebih bebas bergerak. Sensor ditambahkan ke beberapa sendi dan accelerometer serta dua gyroscopes untuk membantu keseimbangan robot.
Pimpinan tim ilmuwan, Profesor Nakanishi mengatakan, kegunaan tulang belakang memungkinkan Kojiro lebih fleksibel bergerak untuk mengerjakan pekerjaan rumah.
Namun, dalam salah satu makalah ilmiah, mereka menulis: “Saat ini normal robot humanoid tidak cocok untuk bekerja di lingkungan kita sehari-hari.
Kurangnya keamanan dan fleksibilitas adalah alasan utama. Bahan dasar robot yang keras dan berat bisa melukai manusia atau benda-benda di sekitarnya, dan mereka dapat melakukan tugas-tugas terbatas dibandingkan dengan apa yang manusia lakukan dalam kehidupan sehari-hari. ”
Saat ini para ilmuwan menguji gerakan kecil Kojiro menggunakan konsol game controller. Tim ilmuwan berharap suatu hari nanti akan dapat menangani gerakan-gerakan yang rumit dengan menggunakan seluruh anggota badan. Andaikan itu terwujud, suatu hari nanti anda akan menemukan Kojiro melayani sarapan pagi. Surya

10 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , ,

2 Komentar »

  1. :?

    Komentar oleh alice pngen ..... | 10 Maret 2010 | Balas

  2. info yang sangat menarik, sepertinya harus dicoba :) , Aerilyn

    Komentar oleh John | 17 September 2015 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: