Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Yuk, Tidur Siang Agar Kinerja Otak Anda Lebih Baik


CALIFORNIA- Tidur siang ternyata membantu otak bekerja lebih baik, demikian kesimpulan dari hasil studi oleh University of California, Berkeley.
Matthew Walker yang memimpin studi ini menyebutkan tidur siang sangat penting untuk membangun daya ingat yang baru. Riset ini menganalisa apakah tidur sebelum belajar memiliki dampak yang signifikan dan penting dalam mempersiapkan otak menyerap informasi.
“Saat kita mulai belajar sesuatu, semua hal yang kita pelajari dikumpulkan di hippocampus, yang merupakan area penyimpanan jangka pendek pada otak,” kata Walker seperti dikutip dari NPR, Senin (8/3/2010).
Menurut Walker, agar ingatan itu bisa bertahan lama, perlu menghidupkan penyimpanan jangka panjang pada area otak bernama korteks.
“Saat seseorang tidur informasi itu dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya dan mengubah geografi informasi yang dapat meningkatkan proses pembelajaran berikutnya,” terangnya.
Dalam studinya, Walker dan timnya menganalisa dua kelompok partispan sehat. Setiap kelompok diminta menyelesaikan dua sesi belajar. Di antara sesi pertama dan kedua pembelajaran, salah satu kelompok dipersilahkan untuk tidur selama 90 menit.
Hasilnya memperlihatkan partisipan yang diberi jatah tidur siang memiliki kemampuan 10 persen lebih baik dalam mengerjakan soal-soal ketimbang yang tidak tidur siang.

9 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , ,

2 Komentar »

  1. bagi sebagian orang, tidur siang itu sebuah kemewahan :D

    Komentar oleh Red | 9 Maret 2010 | Balas

  2. Iya juga, tidur siang sebenarnya adalah kemewahan. Sangat sulit dilakukan, terutama bagi kaum buruh di kota-kota besar – 18 jam kerja untuk mendapat 15 ribu per hari.

    Komentar oleh Pc | 10 Maret 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: