Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

500 Korban Pembantaian Nigeria Dimakamkan


» Sejumlah korban kerusuhan di Maiduguri, Nigeria

Korban pembantaian bermotif agama di Nigeria mulai dimakamkan secara massal, Selasa 9 Maret 2010. Pembantaian di tiga desa berpenduduk mayoritas Kristen di pusat kota Jos pada Minggu lalu menyebabkan lebih dari 500 orang tewas. Kelompok muslim dituding sebagai pelaku pembunuhan.
Seperti dikutip dari laman stasiun televisi Al Jazeera, warga di desa Dogo Nahawa, sekitar 15 kilometer selatan Jos mengatakan, para penyerang datang dari wilayah perbukitan dekat desa, menembakkan peluru ke udara sebelum menggunakan parang untuk memenggal warga yang keluar dari rumah mereka.
Otoritas Nigeria menangkap 95 orang terkait serangan tersebut. Media Nigeria juga melaporkan bahwa pejabat presiden, Jonathan Goodluck, memecat penasehat keamanan nasional, Sarki Muktar, hari ini. Namun belum jelas apakah pemecatan itu terkait dengan aksi kekerasan sektarian pada Minggu lalu.
Koresponden Al Jazeera mengatakan, pemerintah kepolisian menyatakan kelompok penyerang adalah para penggembala muslim Hausa-Fulani. Sedangkan para korban mayoritas beragama Kristiani dari komunitas Borom.
Meski banyak orang memandang aksi kekerasan ini dalam konteks religius, sumber dari kepolisian mengatakan, aksi kekerasan ini melibatkan penduduk asli, yang mayoritas Kristen, dengan para migran dan pendatang, dari kelompok muslim di utara. Mereka bersaing memperebutkan akses terhadap sumber daya alam.
Pemerintah Amerika Serikat dan kelompok hak asasi internasional meminta agar pemerintah Nigeria menyelidiki dan mengadili pihak yang bertanggung jawab. Vivanews

9 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: