Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Bentrok di Flotim, 17 Tertembak

KUPANG -Sebanyak 17 orang terkena tembakan senapan rakitan (tumbuk) dalam bentrokan antardua desa di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Minggu (7/3/2010), terkait masalah batas wilayah.

Salah seorang warga Lamahala, Rahman Sengaji, yang dihubungi dari Kupang, Minggu malam, mengatakan insiden itu terjadi pada saat warga Lamahala, Kecamatan Adonara Timur sedang di jalan menuju kebun mereka di perbatasan antara Adonara Timur dengan Kecamatan Adonara Tengah. “Penyerangan itu dilakukan secara rahasia. Saat warga Lamahala menuju kebun, warga dari kampung Niwak, Kecamatan Adonara Tengah, menyerang mereka dengan senapan tumbuk,” ujarnya.

“Diperkirakan ada 17 orang terkena tembakan, tujuh dalam kondisi serius dan saat ini sudah dilarikan ke Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur untuk mendapat pertolongan medis,” katanya.

Dia mengatakan anggota TNI dari Larantuka sudah tiba dilokasi kejadian untuk menjaga keamanan.

Sengaji mengatakan saat ini para orang tua dan pemuda Lahamala sedang mengadakan pertemuan untuk membahas masalah ini. “Sekarang sedang ada pertemuan, kita harapkan ada jalan keluar untuk menyelesaikan masalah ini,” katanya.

Ketua Kerukunan Marga Lamahala (Kemala), Haji Mad Wongso, yang dihubungi secara terpisah mengaku sedang memimpin pertemuan dengan warga Lamahala di Kupang untuk membahas masalah ini.

Menurut dia, hal yang paling penting adalah melakukan pencegahan agar tidak terjadi serangan balik karena bisa menimbulkan jatuhnya korban jiwa dari kedua belah pihak. “Sekarang ini sedang ada pertemuan para pemuda dan orang tua Lamahala untuk membahas masalah ini. Kami sedang menunggu perkembangan, tetapi sudah disarankan untuk menahan diri walaupun diserang,” katanya.

Dia berharap pemerintah segera mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah ini agar tidak meluas menjadi pertikaian antarkampung.
Penulis: XVD Editor: primus Sumber : Ant/Kompas

8 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. saya sangat tidak setuju dan prihatin dengan kondisi yang sedang berkembang di Lewotanah Adonara. mengapa bisa terjadi demikian ? juga kalau berperang tanpa persiapan dan perhitungan yang matang serta penguasaan medan perang, itu sama dengan bunuh diri.
    Namun walau bagaimanapun harapan saya perdamaian tetap diutamakan untuk menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan kita.

    Komentar oleh Cacah | 8 Maret 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: