Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

PBNU: Jangan Perhatikan Terornya, Tapi Ideologi Juga

Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) menyatakan terorisme jangan hanya diperhatikan masalah teror dari perspektif pendekatan keamanan. Seharusnya, yang perlu diperhatikan dalam persoalan serius ini soal ideologi atau ajarannya juga.
“Dunia sekarang menghadapi ismenya daripada wujud terornya dan ini tidak bisa diselesaikan oleh Barat, kecuali dengan moderasi Islam,” kata Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi kepada wartawan di kantornya Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (5/3/2010).
Menurut Haysim, ada empat pendekatan dalam pencegahan dan mengatasi persoalan terorisme. Pertama, memahami secara tepat kondisi-kondisi yang menimbulkan penyebaran terorisme. Kedua, mencegah dan memberantas terorisme. Ketiga, membangun kapasitas negara dalam penanggulangan terorisme. Keempat, menjamin penghormatan terhadap HAM dan aturan hukum.
“Banyak hal yang menyebabkan munculnya terorisme dan itu sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat yang kurang dipahami negara. Terorisme tidak selalu muncul atas dasar agama,” jelasnya.
Dalam kesempatan itu, Hasyim juga mengkritisi, upaya kelompok liberal yang berusaha menumbuhkan nilai-nilai toleransi tetapi dengan mereduksi nilai-nilai di dalam agama sendiri. “Akhirnya malah timbul konflik dan kehilangan nilai luhur dari agama,” paparnya.
Hasyim mengatakan, liberalisasi telah memunculkan kelompok radikal karena mereka tidak rela nilai-nilai agama diintepretasikan dengan seenaknya sendiri. “Fundamentalisme atau liberalisme tak akan efektif untuk hilangkan radikalisme,” ungkapnya.
Hasyim menegaskan, terorisme bukanlah Islam dan Islam bukanlah terorisme. Namun, timbulnya terorisme di kaum Muslimin adalah kesalahpahaman terhadap hakekat dari ajaran agama itu sendiri.
“Jadi tidak melihat keutuhan Islam secara komprehensif, namun pemahaman yang sepotong-sepotong. Salah pemahaman ini kemudian berkembang menjadi penyalahgunaan agama,” pungkasnya.

6 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: