Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Pemilu Belanda: Partai Anti Islam Menang


TPS-TPS Belanda tutup pukul sembilan Rabu malam waktu setempat, dan Belanda menghitung suara hasil pemilihan daerah.
56 persen elektorat menggunakan hak pilihnya. Berarti sekitar tujuh juta orang turut mencotreng, jadi dua persen lebih sedikit daripada empat tahun lalu.
Hasil definitif pilda akan diumumkan beberapa jam lagi. Tapi hasil sementara menunjukkan bahwa pilihan elektorat Belanda bergeser:
mereka meninggalkan partai-partai tengah dan bergeser ke partai-partai kecil di kubu kiri dan kanan. Partai Kristen Demokrat, CDA, pimpinan perdana menteri demisioner Jan Peter Balkenende kalah besar, tapi CDA tetap partai terbesar di Belanda, disusul oleh partai buruh, PvdA, pimpinan mantan menteri keuangan Wouter Bos, yang kalah tipis.

Anti Islam
Partai anti Islam PVV pimpinan Geert Wilders hanya ikut pilda di dua kota besar (Den Haag en Almere) dan keluar sebagai pemenang di Almere. Andaikata dihitung berdasarkan skala nasional, maka partai PVV adalah partai ketiga di Belanda. Bulan-bulan terakhir, pertumbuhan PVV mendapat salah satu sorotan terbesar politik Belanda. PVV terutama menyerukan pencegahan imigrasi. Partai-partai politik lainnya memperingatkan bahaya polarisasi masyarakat.
Tak kalah pentingnya sejak pekan lalu adalah jatuhnya pemerintah koalisi sentrum kiri pimpinan Balkenende dan Bos, karena misi militer Belanda di Uruzgan tidak akan diperpanjang lagi. Tiga bulan lagi, tepatnya 9 Juni, Belanda menggelar pemilihan parlemen yang diperpagi akibat jatuhnya kabinet. Karena itu pemilihan lokal ini dianggap sebagai tolok ukur penting.
Menurut jajak pendapat, koalisi kanan yang terdiri dari Kristen Demokrat, CDA, partai liberal VVD dan PVV tidak akan mencapai mayoritas pada pemilihan 9 Juni mendatang. Hal ini juga berlaku bagi empat partai kiri, PvdA, partai sosialis SP, partai kiri hijau GroenLinks dan partai D66. Dalam hal ini hanya koalisi empat partai lainlah yang mungkin. Kecuali kalau CDA dan PvdA – yang baru saja menyebabkan perpecahan -kembali menentukan bersama inti kabinet.

4 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: