Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Wartawan Denmark Akui Jadi Agen Rahasia Israel

Herbert Pundik, wartawan surat kabar Politiken Denmark hari Sabtu (27/2) mengagetkan banyak pihak atas pengakuannya karena telah menjadi agen rahasia Israel.
Sebagaimana dilansir AFP
dari Kopenhagen, Herbert Pundik yang juga pimpinan redaksi koran Politiken mengatakan, sebagai seorang Yahudi ia punya komitmen menjadi agen bagi kepentingan Israel, mulai dari tahun 1950 hingga 1960.
Dalam situs Politiken, Pundik mengatakan, ia melakukan aksi spionase sebagai seorang jurnalis dengan melawat ke Afrika dan membuat laporan yang langsung dikirimkan ke kedutaan-kedutaan besar Israel.
Pundik kemudian mengakhiri aksinya sebagai mata-mata Israel dan memulai aktivitas sebagai pimpinan redaksi koran Politiken. Dia akhirnya mengundurkan diri pada tahun 1993.
Pernyataan Herbert Pundik ini menimbulkan beragam reaksi, terutama ditempat yang pernah dipimpinnya, Politiken. Paul Weiss, tokoh senior koran Politiken mengatakan, aktivitas Pundik untuk Dinas Rahasia Israel (Mossad) bertolakbelakang dengan profesi jurnalistik.
Sementara itu, Toger Seindenfaden, Pimpinan Redaksi Politiken saat ini menyatakan, “Saya dapat memahami apa yang dilakukan Pundik. Sebagai seorang warga Israel, ia hanya ingin membantu Israel yang baru berdiri dan diterpa bahaya.”

Kasus spionase berkedok kegiatan jurnalistik ini bukan hal baru. Tahun 2005 lalu, seorang wartawan senior Straits Times dituduh China menjadi mata-mata untuk sebuah organisasi intelijen asing.
Wartawan surat kabar Singapura bernama Ching Cheong itu ditahan di China. Ia merupakan Ketua koresponden China yang berbasis di Hong Kong untuk Straits Times. Ia ditahan pada 22 April lalu di provinsi Guangzhou, China selatan.
Sebagaimana klaim Kementerian Luar Negeri China dalam statemennya, Ching mengakui kalau dirinya telah melakukan aktivitas spionase.
Menurut Mary Lau, istri Ching, suaminya itu ditahan ketika berusaha mendapatkan manuskrip sensitif soal wawancara rahasia dengan pemimpin terguling China, Zhao Ziyang. Zhao, mantan Perdana Menteri China dan Sekjen Partai Komunis, digulingkan pada 1989 setelah menentang keputusan untuk menggunakan kekerasan guna menghentikan aksi protes berdarah di Lapangan Tiananmen pada tahun itu. Surya

3 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: