Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Timor Leste Vonis 23 Pemberontak

Pengadilan Timor Leste telah memvonis 23 pemberontak atas percobaan pembunuhan terhadap presiden dan perdana menteri pada tahun 2008.

Para terdakwa yang kebanyakan bekas tentara dan polisi diganjar hukuman penjara paling lama 16 tahun.
Presiden Jose Ramos-Horta ditembak dan terluka parah dalam serangan di luar kediamannya di ibukota Timor Leste, Dili.
Perdana Menteri Xanana Gusmao lolos ketika konvoi kendaraannya disergap pada hari yang sama.
Lima terdakwa lain dinyatakan bebas dari tuduhan, termasuk wanita warga Australia, Angelita Pires, pacar pemimpin pemberontakan yang tewas dalam percobaan pembunuhan. Dia dituding sebagai pemain penting dalam makar oleh jaksa penuntut.

Percobaan kudeta
Sebagian besar terdakwa mangkir dari dinas militer dan kepolisian. Mereka beralih ke kubu pemerintah setelah pertikaian di tubuh pasukan keamanan Timor Leste pecah menjadi tindak kekerasan pada tahun 2006 dan menelan puluhan korban jiwa serta menumbangkan pemerintah.
Para analis mengatakan kasus ini merupakan ujian terbesar bagi sistem kehakiman Timor Leste yang merdeka pada tahun 1999.
Dalam insiden yang kacau pada 11 Februari 2008, pasukan pengawal dan pemberontak terlibat baku tembak di sekitar kediaman Ramos Horta.
Tokoh pemberontak Alfredo Reinado dan seorang pemberontak lain tewas dalam serangan. Gusmao menggambarkan insiden itu sebagai upaya kudeta.
Penembakan Ramos-Horta mendorong pemberlakukan keadaan darurat di Timor Leste dan memperkuat kekhawatiran soal stabilitas negara muda tersebut.
Gastao Salsinha, yang mengambil alih kepemimpinan pemberontakan pasca kematian Reinado dan menyerah kepada pemerintah April tahun lalu dihukum penjara 16 tahun. Hukuman teringan yang dijatuhkan sembilan tahun dan empat bulan.
Para pemberontak menjadi buron sejak unjuk rasa yang diwarnai kekerasan pecah pada tahun 2006 dan korban jiwa 30orang. Gelombang demonstrasi itu dipicu oleh rencana untuk memberhentikan 600 anggota angkatan bersenjata yang mogok.

3 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: