Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Bagian Kitab Suci yang Hilang Ditemukan


Kurator Museum di Yerusalem Adolfo Roitman memperlihatkan dua bagian kitab suci yang terpisah. (Foto: AP)

YERUSALEM- Berkat penemuan yang tak disengaja, dua bagian naskah injil yang terpisah di benua berbeda selama berabad-abad bisa disatukan lagi.
Temuan tersebut memberikan titik terang untuk mengetahui lebih dalam tentang abad kegelapan atau dark age dalam sejarah injil berbahasa Ibrani.
Seperti dikutip Associated Press, Selasa (2/3/2010) kedua bagian injil berusia 1.300 tahun itu berhasil disatukan ketika secara tidak sengaja, sebuah foto pameran penemuan potongan Injil pada 2007 menarik perhatian dua orang paleografi atau ahli tulisan kunoasal Israel, Mordechay Mishor dan Edna Engel untuk menghubungkan keduanya.
“Keseragaman jenis tulisan, struktur naskah teknik yang digunakan dalam menulis sangat jelas menunjukkan kesamaan,” kata Engel.
Benar saja, ketika digabungkan kedua bagian Injil itu membentuk naskah Song of the Sea yang dinyanyikan dengan gembira oleh umat masa itu setelah terbebas dari perbudakan di Mesir dan menyaksikan kehancuran tentara Firaun di Laut Merah.
Salah satu bagian naskah yang disebut Ashkar sebelumnya disimpan di sebuah perpustakaan di Duke University, Carolina Utara dan dipamerkan untuk pertamakalinya di Museum yang terletak di Yerusalem pada 2007.
Ketika itulah Mishor dan Engel menemukan kemiripan Ashkar dengan bagian Injil yang disebut naskah London yang menjadi koleksi pribadi seseorang bernama Stephan Loewentheil di New York.
Baik Mishor dan Engel percaya kedua potongan Injil itu ditulis pada abad ketujuh di sebuah wilayah di Timur Tengah, kemungkinan besar di Mesir. Namun hingga saat ini masih belum diketahui bagaimana kedua bagian Inji, itu bisa terpisah.

2 Maret 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , ,

2 Komentar »

  1. apakah injil yg beradar sekarang adalah asli

    Komentar oleh A.J.I | 3 Maret 2010 | Balas

  2. Info yang bagus, Tanks untk artikelnya.

    @ A.J.I. Pertanyaan tentang apakah injil sekarang asli, sy ingin sekadar memberi tanggapan. Bagi orang Kristen, seperti juga bagi Muslim dan umat lainnya pasti meyakini kitab sucinya saat ini asli, tanpa kompromi! Ops, tunggu, orang kristen bukan peyakin yg membabibuta. Orang kristen tdk terlalu memperdulikan fisik Injil yg dia yakini itu asli atau tdk. Yg diyakini adalah isinya, harus sesuai dengan sifat-sifat Allah itu sendiri. Orang Kristen meyakini Allah itu Maha Kuasa, Maha Pencipta, Maha Baik, Maha Kasih, Maha Suci, Maha Mulya, Maha Kaya.
    Oleh karenanya ketika ada ayat-ayat yg bertentangan dengan sifat-sifat Allah itu dianggap palsu! Misalnya kalau saja ada ayat yg menyatakan Allah memerintahkan untuk, berbohong, membenci atau membunuh sesama manusia-sekalipun dia itu kafir, maka dalam keyakinan Kristen dalam dadanya setiap orang Kristen akan mengatakan ah itu ayat-ayat iblis! Jadi dengan ukuran-ukuran itulah orang Kristen mengukur Injilnya asli atau palsu. Bisa saja ada ayat-ayat lain yg belum ditemukan… Atau bahkan injil-injil lain kayak injil Barabas yang sengaja dibuat pihak tertentu untuk menipu atau mengelabui orang-orang bodoh… Bisa saja… Tapi lagi-lagi orang Kristen punya standar yg jelas untk memastikan asli atau palsu. Orang Kristen sadar betul, bahwa didalam kehidupan dunia ini ada kuasa ‘kegelapan’ atau kuasa ‘iblis’ atau kuasa ‘kedagingan’ (yg sifatnya bertentangan dengan Allah) yg menawarkan keinginan-keinginan duniawi seperti egois, nafsu birahi, nafsu kuasa dan sebagainya yg biasanya juga ditempuh dengan cara-cara yg sama, yg pada akhirnya menimbulkan keserakahan, ketamakan, kemunafikan, penipuan, pemerkosaan, permusuhan, kebencian serta pembunuhan yang dilakukan dengan berbagai cara dan alasan, sesuai dengan kelicikan iblis. Orang Kristen percaya betul, bahwa Allah bukan pengemis pujian atau teriakan-teriakan kebesarannya. Itulah sedikit inti Kristen. Dengan memahami itu maka bisa pula memahami injil mana asli serta mana tidak. Makna Injil adalah kabar gembira, bukan wujud atau fisik buku.

    Komentar oleh Rid | 3 Maret 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: