Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Tembok di Yerusalem Perkuat Kisah di Alkitab


Lokasi penggalian situs suatu tembok benteng kuno di Yerusalem, Israel, memperkuat kisah yang tercantum dalam kitab suci umat Kristen, Alkitab. Benteng kuno itu diyakini telah berusia 3.000 tahun saat Israel masih diperintah oleh Raja Salomo.
Demikian ungkap seorang arkeolog Israel, Senin 22 Februari 2010. Bila penentuan usia tembok itu akurat, penemuan tersebut menjadi indikasi bahwa Yerusalem dulunya merupakan basis pemerintahan yang kuat yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang diperlukan untuk membangun suatu benteng yang kokoh di abad ke 10 Sebelum Masehi.
Penemuan tembok itu menjadi terobosan baru di tengah perdebatan antar kalangan cendekia, karena akan sesuai dengan kisah di Alkitab pada bagian Perjanjian Lama bahwa Raja Israel kuno, Daud dan putranya, Salomo, memang memerintah di zaman tersebut.
Arkeolog Israel yang memimpin penggalian, Eilat Maza, mendukung teori itu. Namun tidak sedikit kalangan yang menyatakan bahwa kerajaan yang dipimpin Daud itu hanyalah mitos dan saat itu tidak ada pemerintahan di Israel yang benar-benar kuat.
Mazar, peneliti dari Universitas Ibrani di Yerusalem, menilai peninggalan tembok yang ditemukan itu merupakan “konstruksi paling berarti yang didapat dari kerajaan mula-mula di Israel.”
“Artinya, bahwa pada saat itu, di abad ke 10 SM, di Yerusalem terdapat suatu rezim yang mampu membangun konstruksi itu,” kata Mazar. Dia menduga bahwa tembok itu dibangun pada masa pemerintahan Raja Salomo, seperti yang disebut dalam Kitab Raja-raja di dalam Alkitab.
Benteng kuno itu juga terdapat sebuah tembok masuk dan dinding sepanjang 70 meter. Lokasinya terletak tak jauh dari tembok baru di Kota Lama Yerusalem, yang bersebelahan dengan suatu kompleks Bait Suci bagi umat Yahudi dan tempat suci umat Islam, Haram esh-Sharif. Menurut Perjanjian Lama, di kompleks itulah Salomo kali pertama membangun kuil untuk umat Yahudi.
Kompleks ibadah itu sempat dihancurkan oleh Kerajaan Babilonia, namun dibangun kembali dan dipugar oleh Raja Herodes pada 2.000 lalu sebelum akhirnya digempur lagi, kali ini oleh pasukan Romawi pada tahun 70 Masehi. Kompleks itu kini menjadi lokasi dua situs suci umat Islam, yaitu Kubah Shakhrah (Dome of the Rock) dan Masjid al-Aqsa.
Para arkeolog sudah lama menggali lokasi benteng kuno. Pertama pada 1860-an dan kemudian pada dekade 1980-an.
Namun, Mazar mengklaim bahwa penggalian yang dia pimpin berhasil mengungkap peninggalan sejarah secara komplit dan merupakan pertama kali yang berhasil menemukan bukti kuat untuk menjelaskan masa saat dibangunnya tembok itu, yaitu penemuan sejumlah barang tembikar.
Aren Maeir, arkeolog dari Universitas Bar Ilan di dekat Kota Tel Aviv, mengaku belum melihat bukti bahwa tembok dari peninggalan benteng itu berusia seperti yang diklaim oleh Maza.
“Memang ada sisa-sisa peninggalan abad ke-10 SM di Yerusalem, namun itu masih lemah untuk membuktikan adanya kerajaan yang kuat dan terpusat di saat itu,” kata Maeir.
Dia melihat bahwa masih ada perdebatan mengenai keakuratan akan cerita kerajaan Israel pimpinan Daud. Associated Press

23 Februari 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , ,

4 Komentar »

  1. Kebenaran tidak akan pernah dibungkam selamanya. Sekalipun ayat Alkitab sering dikutip dan dibelokan semaunya oleh kitab ‘suci?’ agama tertentu dengan mudus penipuan dan menyesatkan umat manusia dalam mencari kebenaran sejati, tapi kebenaran Tuhan adalah sejati akan mencuat mengalahkan sang nabi palsu yang telah telah berhasil memperdayai jutaan manusia dengan nafsu seksual serta nafsu membunuh sesama manusia.

    Komentar oleh Gen | 1 Maret 2010 | Balas

  2. Saatnya sudah dekat,tanda2 jaman sudah terlihat,jadilah yang diangkat jangan jd yang ditinggalkan..

    Komentar oleh Aswanto | 22 Agustus 2010 | Balas

  3. ashaduallah illah ha’ilalloh wa’as hadu’allah muhammad dorosullulloh….

    Komentar oleh dfdf | 31 Agustus 2012 | Balas

  4. ashaduallah illah ha’ilalloh wa’as hadu’anah muhammad dorosullulloh….

    Komentar oleh dfdf | 31 Agustus 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: