Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Pengacara wanita boleh ikut sidang

Pengeluhan wanita Saudi atas pelbagai pembatasan terhadap diri mereka nampaknya kian mendapat tanggapan positif setelah pemerintah Arab Saudi, baru-baru ini mengumumkan rencana mengesahkan undang-undang baru yang membolehkan pengacara prempuan melakukan pembelaan kasus-kasus mereka di ruang pengadilan.
Menteri Kehakiman Mohammed al-Eissa mengatakan undang-undang itu merupakan bagian dari rencana Raja Abdullah untuk mengembangkan sistem hukum.
Undang-undang yang akan dikeluarkan dalam beberapa hari ke depan itu membolehkan pengacara prempuan hadir di pengadilan dalam kasus-kasus keluarga, termasuk perceraian dan hak asuh anak.
Saat ini para pengacara wanita Saudi hanya boleh bekerja di belakang layar di kantor-kantor pemerintah dan pengadilan.
“Menurut undang-undang baru, perempuan akan bisa menyelesaikan prosedur awal mereka bersama notaris dengan hanya menunjukkan kartu identitas mereka,” kata pejabat Kementrian Kehakiman Osama al-Mirdas seperti dikutip Arab News.

Pembatasan ketat
Menurut sistem Arab Saudi, kaum perempuan harus dipisahkan dari laki-laki yang bukan muhrim mereka.
Semua perempuan Saudi harus mengenakan tutup muka di tempat umum, tidak boleh menyetir mobil dan wanita berusia dibawah 45 tahun harus mendapat izin dari wali laki-laki mereka untuk bisa bepergian.
Peluang bagi perempuan untuk mendapatkan pendidikan dan pekerjaan juga tergantung izin dari wali mereka.
Tetapi pemerintah sudah mengambil sejumlah langkah untuk melonggarkan berbagai pembatasan ini, misalnya kaum perempuan sekarang dibolehkan menginap di hotel sendirian.
Tahun lalu seorang ulama senior dipecat karena mengecam sebuah universitas sains dan teknologi baru yang membolehkan mahasiswa laki-laki dan perempuan kuliah bersama.
Ulama itu, Sheikh Saad al-Sehtry, menyebut percampuran gender di universitas sebagai sistem yang jahat dan berdosa besar. BBC

22 Februari 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: