Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Ketua KPK Timor Leste dilantik

Pemerintahan PM Gusmao menghadapi beberapa tuduhan korupsiPemerintahan PM Gusmao menghadapi beberapa tuduhan korupsi

Kepala Badan Anti korupsi pertama Timor Leste, Aderito Soares telah diambil sumpahnya secara resmi, Senin (22/02/10), dalam upacara yang disiarkan langsung oleh televisi negara bekas jajahan Portugal tersebut.
Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao, dan beberapa anggota parlemen memberi ucapan selamat kepada Soares, dengan minuman sampanye di luar gedung parlemen di Dili.
Pemerintah negara itu menghadapi berbagai tuduhan korupsi, yang melibatkan beberapa pejabat senior pemerintahan, hal yang dibantah oleh pemerintah.
Soares, yang sebelumnya adalah seorang pengacara dan aktifis hak azasi manusia, terpilih sebagai ketua badan anti korupsi setelah mendapatkan 40 dari 65 suara di parlemen dalam sidang 1 Februari lalu.
Dia bersikeras mengatakan dia mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah, meskipun pihak oposisi menuduh perdana menteri menghalang-halangi penyelidikan tuduhan korupsi dalam tubuh pemerintah.
Sebelumnya, Soares dikutip mengatakan bahwa tuntutan terhadap para pejabat tinggi tidak akan menghilangkan korupsi di Timor Leste. Dia mengatakan pendidikan di sekolah diperlukan untuk mengurangi tindak korupsi di masa depan.
“Masyarakat tampaknya menaruh harapan besar, dan ini merupakan tantangan besar untuk mendapatkan kepercayaan publik atas apa yang kami lakukan. Kami harus mampu menjawab tantangan tersebut,” kata Soares kepada kantor berita Reuters.

Potensi sumber daya alam
Timor Leste menjadi negara merdeka sejak tahun 2002, setelah sebelumnya dalam referendum di tahun 1999, menyatakan diri ingin merdeka dari Indonesia.
Timor Leste memiliki sumber daya alam besar, namun sebagian rakyat masih miskinTimor Leste memiliki sumber daya alam besar, namun sebagian rakyat masih miskin

Situasi keamanan di negara tersebut masih rapuh, dan pasukan PBB masih ditempatkan di sana untuk membantu.
Sampai saat ini, Timor Leste masih menjadi negara termiskin di Asia, namun ladang gas dan minyak di Laut Timor memiliki potensi yang besar.
Pemilihan presiden dan parlemen di pertengahan tahun 2007 membuat mantan Perdana Menteri Jose Ramos-Horta terpilih sebagai presiden, sementara mantan presiden Xanana Gusmao, menjadi Perdana Menteri.
Namun pemerintahan Gusmao, yang akan menghadapi pemilihan bulan Juni 2012, menghadapi berbagai tuduhan korupsi diantaranya melibatkan Menteri Kehakiman Lucia Lobato dan Menteri Keuangan Emilia Pires.
Juga muncul tuduhan bahwa putri Gusmao memenangkan kontrak impor makanan bernilai miliaran dolar karena koneksi keluarga. BBC

22 Februari 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: