Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Protes terhadap karikatur Muhammad di Oslo


OSLO -Sekitar 2.000an orang turun ke jalan-jalan di pusat Oslo, mereka memprotes pemuatan karikatur Nabi Muhammad sebagai babi oleh sebuah surat kabar Norwegia, Jumat (12/02/10).
Tabloid Dagbladet yang mempublikasikan karikatur itu pada tanggal 3 Februari lalu untuk mengilustrasikan sebuah halaman Facebook Polisi Norwegia Security Service (PST) yang terhubung ke halaman lain yang menampilkan karikatur Nabi.
Link itu diposting oleh facebooker namun kemudian dihapus oleh PST.
Para pemrotes yang melakukan aksi secara damai itu memegang plakat yang berisikan tulisan-tulisan “Tunjukkan rasa hormat kepada semua agama” dan “Hentikan penghinaan terhadap umat Islam,”
“Saya di sini karena apa yang telah dilakukan Dagbladet sangat ofensif bagi kami,” kata Kashif Aurangzev, 34 tahun sopir taksi.
“Ini adalah serangan besar umat Islam, hal itu bertentangan dengan agama kami,” kata Kamran Naveeb, 25 tahun, mahasiswa.
Polisi mengatakan sekitar 2.000 orang menghadiri demonstrasi itu yang dijaga secara ketat. Aksi itu sendiri diboikot oleh organisasi Muslim utama Norwegia, karena kekhawatiran bisa berubah menjadi kekerasan.
Dagbladet menerbitkan karikatur dari salah satu kartun yang pernah diterbittkan namun kemudian ditarik pada pemukim Tepi Barat Israel pada 1990-an. “Ini adalah sebuah ilustrasi berita kami,” kata Lars Helle, editor-in-chief Dagbladet membela diri. Dia mempersilahkan mengkritik atas penerbitan kartun itu, karena sesuai dengan kebebasan berbicara. Dia juga menambahkan bahwa penerbitan itu bukan dimaksud sebagai upaya provokasi, “Itu dimaksudkan sebagai ilustrasi untuk sebuah berita,” katanya kepada Reuters.
Sebelumnya Norwegia pernah dihebohkan atas penerbitan kartun Nabi Muhammad pada tahun 2005-2006 yang menyebabkan gelombang protes kaum Muslim di seluruh dunia.
Pada bulan Januari 2006, surat kabar Kristen Magazinet Norwegia juga pernah menerbitkan 12 karikatur Nabi Muhammad, setelah sebelumnya diterbitkan pertama kali oleh harian Denmark Jyllands-Posten pada September 2005. Penerbitan itu berujung pembakaran kedutaan Norwegia di Damaskus, Suriah. Reuters

13 Februari 2010 - Posted by | Uncategorized | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: