Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Iran Negara Paranoid?


Pemerintah Iran di bawah Mahmoud Ahmadinejad terkesan kian tak nyaman. Setidaknya, hal macam itu tecermin tatkala tekanan terhadap kelompok oposisi makin kuat.
Nah, kali ini, kebijakan teranyar pemerintah Iran juga makin menunjukkan betapa perilaku paranoid itu kian menjadi. Catatan warta BBC, kemarin, menunjukkan ada 60 kelompok asing yang masuk dalam kategori terlarang untuk diajak bekerja sama. Dari jumlah itu, yang ikut termaktub di dalam kategori itu adalah kelompok hak asasi manusia, situs kelompok oposisi Iran, dan media massa asing
semisal Voice of America (VOA) asal AS dan BBC asal Inggris.
Wakil Menteri Intelejen Iran mengatakan kepada Press TV berbagai kelompok ini melakukan “perang lunak” (soft war) terhadap negara. Pihak berwenang pun mengatakan berbagai kelompok ini membantu menimbulkan kekacauan setelah pemilu.
Lebih lanjut, BBC, VOA, Universitas Pertahanan Nasional Amerika Serikat, Yayasan Soros, Human Rights Watch, dan Pusat Demokratik Eropa Timur (EEDC) termasuk organisasi yang disebut pihak Iran.
Teheran pernah mengeluarkan larangan semacam ini di masa lalu. Namun, jangka waktu mengenai pelarangan itu masih tetap tidak jelas.
Tetapi Press TV mengutip seorang pejabat yang mengatakan bahwa kerjasama dengan kelompok tersebut, menandatangani kontrak dengan mereka ataupun mendapatkan bantuan dari mereka merupakan tindakan ilegal.
Pihak pemerintah juga mengatakan bahwa adalah juga tindakan ilegal bagi berbagai kelompok asing menerima pendanaan dari negara asing. Pemerintah emperingatkan warganya untuk menghindari “hubungan yang tidak biasanya” dengan kedutaan dan warga asing.
Iran mengatakan beberapa warga asing, dan warga Iran yang memiliki kewarganegaraan ganda termasuk mereka yang ditahan dalam unjuk rasa antipemerintah akhir Desember lalu.
Tunda
Dalam jumpa pers Selasa, juru bicara Departemen Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast mengatakan tindakan juga akan dikenakan terhadap mereka yang ditahan, bila ditemukan bahwa mereka melakukan apa yang disebutnya “perang psikologis ” terhadap pemerintah.
“Tentu saja proses legal sedang berjalan,” katanya.
“Mereka yang tidak melakukan tindak kriminal apapun akan dibebaskan, dan mereka yang melakukan tindak kriminal akan ditindak bila ditemukan bukti.” tambahnya.
Sementara itu juga hari Selasa, Teheran mengumumkan akan menunda kunjungan dari para anggota parlemen Uni Eropa yang rencananya akan bertemu dengan para pegiat oposisi dan anggota parlemen minggu ini.
Iran mengatakan tanggal baru akan ditentukan berdasarkan “kesepakatan bersama” namun kepala delegasi Uni Eropa mengatakan Iran mencoba menghindari dari pusat perhatian dunia menyusul kekerasan politik baru-baru ini. Kompas

6 Januari 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. Kalo mau jujur, kita, Indonesia gitu juga!

    Komentar oleh Ode | 6 Januari 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: