Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

KPK Ancam Pidanakan Kepala Daerah


JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengancam akan menjerat pidana kepala daerh yang tidak mengembalikan fee hasil penyimpanan uang di Bank Pembangunan Daerah (BPD).
Jeratan pidana ini dapat dilakukan karean tindakan kepala daerah tersebut terindikasi merugikan negara.
“Kalau begitu, menjadi kerugian negara. Mengarah ke yang lain, pidana dan sebagainya,” kata Wakil Ketua KPK Haryono Umar kemarin, Jumat (1/1/2010).
Seperti diberitakan, KPK mensinyalir ada enam daerah yang menyimpangkan uang kas daerah senilai Rp360 miliar. Uang itu merupakan fee, bunga, dan fasilitas lain dari penempatan APBD di BPD setempat. KPK menduga uang tersebut dinikmati secara pribadi.
Ada enam daerah yang diduga melakukan penyimpanan yaitu Sumatera Utara Rp53,811miliar, Jawa Barat-Banten Rp148 miliar, Semarang Rp51 miliar, Surabaya Rp71miliar, Kalimantan Timur Rp18 miliar dan DKI Jakarta Rp17 miliar. “Itu kan uang negara. Nah, uang negara tidak boleh digunakan oleh pribadi,” tegasnya.
Awal bulan ini, KPK menyiapkan tim untuk memeriksa BPD di 27 provinsi lainnya. Karena diduga, penyimpangan ini dilakukan secara masif di semua daerah. “Daerah-daerah ini penyimpangannya banyak,” ujarnya.
Sementara itu, Departemen Dalam Negeri lebih mengedepankan asas praduga tak bersalah terkait dugaan adanya kepala daerah yang menikmati secara pribadi fee APBD yang disimpan di BPD. “Jika KPK melakukan penyelidikam itu sah-sah saja. Tetapi kami tetap memakai asas praduga tak bersalah,” kata Kepala Pusat Penerangan Depdagri Saut Situmorang. Okezone

2 Januari 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: