Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Abdul, Putra Konglomerat, ekstremis Konsep Baru

Pria warga negara Negeria yang mencoba meledakan pesawat Delta Airlines, akhirnya diidentifikasi sebagai Abdul Farouk Abdulmutallab (23). Pelaku peledak itu saat ini masih menjalani pemeriksaan. Pria ini diduga pernah menjadi mahasiswa teknik di Inggris.
Seperti dilansir AFP, Sabtu (26/12/2009), laporan awal tentang status mahasiswa Abdul dikabarkan oleh pihak intelijen. Ia tercatat dengan nama Umar Farouk Abdulmutallab
di University College London (UCL) jurusan mekanik pada tahun 2005-2008.
Namun, pihak universitas belum bisa memastikan mantan mahasiswa yang tercatat dalam database mereka itu sama dengan orang yang ditangkap oleh petugas sama dengan pelaku yang saat ini tengah diinterogasi itu.
Pihak kepolisian Inggris juga saat ini telah melakukan penggeledahan terhadap sebuah flat yang diduga milik Abdul. Para wartawan sempat melihat petugas membawa sebuah kotak berisi sejumlah barang dari tempat tersebut.
“Pencarian lokasi rumah tinggal dilakukan tidak hanya pada satu alamat,” kata salah seorang petugas kepolisian.
Sementara itu, di negara asalnya, Abdul dikenal sebagai putra konglomerat pemilik Bank Umaru Mutallab, Nigeria. Ini dibenarkan oleh salah seorang keluarga terdekat.
“Dia memang saudara laki-laki saya,” kata Abdul Mutallab, putra Umaru lainnya, saat dihubungi Reuters.
Media lokal di Nigeria sempat memberitakan bahwa keluarga sempat memprotes kegiatan Abdul yang dinilai ekstrim. Bahkan, pihak keluarga telah melaporkan Abdul ke kedutaan besar AS di Nigeria 6 bulan lalu.

Konsep baru
Upaya peledakan pesawat Delta Airlines, milik Amerika Serikat oleh Umar Farouk Abdulmutallab yang nyaris sukses itu, diduga sudah canggih konsep mutakhir. Ini berdasarkan analisa aksinya serta kecanggihan peralatan yang dia gunakan sengaja didisain untuk mengelabui petugas keamanan bandara hingga ke pesawat, tergolong sangat baru.
“Campuran bubuk yang diplester di kakinya. Satu lagi suntikan berisi bahan kimia. Kalau keduanya dicampur akan menimbulkan ledakan dan lebih membakar dari pada peledak biasa,” kata Pejabat Departemen Keamanan Dalam Negeri AS Kevin Krolicki. Dia mengatakan bahan peledak Mudallad adalah tipe baru.
Untung saja, penumpang dan kru pesawat bertindak cepat mencegah aksi Mudallad. Meski sempat dinyalakan dan menimbulkan suara ledakan, namun peledak itu berhasil dipadamkan penumpang sebelum merusak pesawat.
Pelaku mengalami luka bakar tingkat tiga. Dua penumpang juga mengalami luka bakar saat berusaha menghentikan pelaku. Presiden AS Barack Obama yang sedang liburan Natal di Hawaii pun turut memantau perkembangan situasi ini.

Percobaan peledakan pesawat ini terjadi pada pesawat delta airlines jurusan Amsterdam-Detroit. Jumlah penumpang saat itu mencapai 278 orang. Abdul gagal melancarkan aksinya karena sejumlah penumpang melakukan perlawanan. Akhirnya bahan peledak tersebut mengenai sang pelaku sendiri. Diduga.

27 Desember 2009 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. Bung, ini artinya kekerasan dalam Islam itu bukan karena kemiskinan kan? Isi quran memang perlu direvisi agar tidak memalukan Allah mereka, sebagai rasis dan pembunuh berdarah dingin!

    Komentar oleh Kay | 27 Desember 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: