Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Gempa Besar Mengintai Wilayah Pesisir Sumatra

Para Ilmuwan Singapura merilis peringatan tentang kemungkinan adanya gempa bumi yang dapat menimbulkan tsunami mematikan di sekitar laut Mentawai. Peringatan itu setelah mereka menganalisa dan memetakan salah satu zona gempa yang paling rawan di Indonesia.
Dikatakan prediksi tsunami itu tidaklah seperti yang terjadi di Samudra Hindia pada 2004 lalu, yang menewaskan sekitar 226.000 orang. Namun mereka mengingatkan, walaupun prediksi tsunami itu tidaklah seperti yang terjadi lima tahun lalu, namun bisa sangat mematikan jika menghempas pantai Sumatra yang penduduknya padat.
“Ukuran dari tsunami mungkin tidak besar, tapi yang menjadi masalah adalah ukuran jumlah penduduk yang sekitar tiga kali lebih besar dari Aceh,” kata Kerry Sieh, direktur Earth Observatory yang berbasis di Singapura.
Prediksi gempa 8,6 magnitudo mungkin akan terjadi di bawah Pulau Siberut, di sepanjang megathrust Sunda. Tempat itu merupakan pertemuan lempeng tektonik Indo-Australia dengan lempeng Eurasia, salah satu jalur patahan yang paling aktif di dunia.
Namun kapan gempa besar itu akan menyerang kembali tidak diketahui. “Kami mengatakan yang paling mungkin adalah dalam beberapa dekade mendatang. Tiga puluh detik untuk 30 tahun, di suatu tempat di sana,” kata Sieh.
Ia mengakui telah mempelajari catatan geologis selama 700 tahun yang menunjukkan gempa besar terjadi di sepanjang megathrust Sunda setiap 200 tahun. Ada tiga siklus gempa utama yaitu akhir 1300-an, 1600-an, dan antara 1797 dan 1833.
“Waktunya di antara ketiganya adalah sekitar dua abad,” kata Sieh sambil menambahkan bagian bawah megathrust Siberut tidak pecah selama 200 tahun, sehingga waktunya bergeser dan menyebabkan gempa besar. Megathrust Sunda memanjang dari Myanmar di sebelah utara dan menyapu di arah tenggara melalui Sumatra, Jawa dan ke Timor.
Rekahan bagian utara sepanjang 1.600 km dari Myanmar ke Aceh pecah di 2004 dan menyebabkan tsunami mematikan di Samudera Hindia. “Gempa itu me-reset ulang siklus di segmen patahan,” tambah Mike Sandiford dari School of Earth Sciences University of Melbourne, Australia.
“Patahan hingga sepanjang 20 meter dan itu seperti pergeseran lempeng selama beberapa ratus tahun. Ini harusnya butuh beberapa ratus tahun untuk mengumpulkan tekanan dalam sistem.”
Megathrust Sunda terdiri dari tiga bagian yang berbeda. Pada Maret 2005, sebuah gempa kuat menghantam bagian kedua dekat Pulau Nias yang menyebabkan deformasi di bawah pulau lebih dari 11 meter.
Pada 2007, gempa bumi 8,4 dan 7,8 skala richter menghantam ujung selatan bagian ketiga “Mentawais Patch”, tetapi bukan bagian utara “Mentawais Patch”. “Sekarang kami memiliki 300 km lagi yang belum pecah. Hal ini tidak pecah sejak 1797,” kata Sieh.
Gempa Padang pada 30 September 2009 meskipun besar belum melapangkan tekanan apapun di bawah Mentawai, karena bukan hasil dari pecahnya megathrust, tetapi pada patahan yang lebih dalam.
“Segmen itu belum pecah untuk waktu yang lama. Ini mungkin yang membawa kami yakin kegagalan besar terjadi lebih dekat,” kata Sandiford. “Karena (tekanan) itu belum dilepas di wilayah Padang, kita tahu tekanan telah terbentuk dan pada akhirnya harus dilepaskan. Jenis tekanan itu yang akhirnya menyebabkan pecah besar di ujung utara Sumatra. ”
Salah satu alasan megathrust Sunda menghasilkan gempa besar adalah karena memiliki ukuran yang sangat panjang. Tapi ilmuwan yakin gempa dibatasi hanya untuk setiap bagian dari megathrust.
Sandiford mengatakan retakan 30 km dapat menghasilkan maksimum gempa berkekuatan 7, retakan 300 km maksimum 8dan retakan 1.000 km maksimum 9. Gempa di 2004akibat retakan sekitar 1.600 km. Inilah

26 Desember 2009 - Posted by | Uncategorized | , , ,

1 Komentar »

  1. tulisan ini sepertinya sudah pernah ditulis… namun pentingnya mengingatkan utk waspada.

    gempa di Pulau Siberut 6.1SR 23 Desember 2009, merupakan salah satu catatan terjadinya gempa besar sesuai perkiraan di atas.

    silahkan berkunjung ke blog saya ttg sharing sedikit berita gempa terutama 4x gempa di Indonesia hari ini sesudah gempa sambung menyambung dengan 3x gempa Philipina dan 6.7SR gempa Maluku.

    tetap waspada gempa di Indonesia timur perkiraan hingga 30 Desember 2009

    Komentar oleh richocean | 26 Desember 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: