Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Muslim Belanda Akui Ahmadiyah

Organisasi Penyiaran Muslim di Belanda, de Stichting Moslim Omroep (SMO) mengakui keberadaan sekte Ahmadiyah sebagai salah satu aliran utama Islam. Ini belum pernah terjadi di dunia.
“Di seluruh Eropa belum ada organisasi yang bisa menggabungkan kaum Suni, Syiah, Alevitis dan Ahmadiyah,” tandas Fethi Killi dari SMO dengan bangganya. “Kamilah yang berhasil melakukan ini untuk pertama kalinya.”
Ahmadiyah adalah sebuah aliran yang tidak diakui oleh aliran-aliran Islam ortodoks lainnya. Karena kebanyakan pengikut aliran Ahmadiyah di Belanda adalah warga Belanda keturunan Suriname, pengakuan aliran yang asalnya dari Pakistan ini acap kali menjadi polemik yang sensitif.
Pemerintah Belanda mengakui Ahmadiyah sebagai salah satu aliran agama Islam. Namun organisasi-organisasi Islam ortodoks menolak untuk mengakui sekte tersebut.

Perlombaan subsidi
Masalah ini muncul ke permukaan ketika sekarang ada perlombaan mendapatkan subsidi sebuah saluran penyiaran Muslim yang baru.
Saluran penyiaran Muslim sebelumnya yaitu Nederlandse Moslim omroep (NMO) terbelah menjadi dua organisasi yang tidak lagi mampu mengajukan permintaan subsidi pada pemerintah. Sekarang lima organisasi penyiaran baru sedang menawar waktu siaran. SMO mendapat peluang siaran paling besar.
Dalam penyeleksian organisasi penyiaran baru, Komisaris Media Belanda menuntut satu kriteria penting, yaitu mewakili semua aliran. Organisasi penyiaran baru harus dapat sebanyak mungkin mewakili kelompok-kelompok Muslim yang ada di Belanda.
SMO memenuhi kriteria itu dengan cara mempersatukan semua aliran agama Islam yang diakui pemerintah Belanda: Suni, Syiah, Alevitis dan Ahmadiyah. Dalam pengajuan subdisi bahkan disebut julukan empat ‘pilar’ Islam.
“Penting untuk meluruskan keragaman komunitas Islam di Belanda,” ungkap yasin Furqani dari Dewan Masjid Marokko Belanda (RMMN), yang merupakan salah satu anggota SMO. “Ahmadiyah berperan besar dalam komunitas Islam dan oleh karena itu harus dimasukkan.”

Dewasa
Menurut Fathi Killi dari SMO, Ahmadiyah sangat kontroversial di dunia Islam. Dia juga menjelaskan kaum Suni dalam organisasi SMO ternyata cukup dewasa menanggapi keputusan SMO untuk memasukkan Ahmadiyah dalam organisasi.
“Untuk pertama kalinya keempat aliran ini memutuskan untuk tidak menutup diri karena alasan teologisnya. Kami menekankan bahwa kami percaya Tuhan, kitab dan nabi yang sama.”
Tidak semua Organisasi Muslim di Belanda setuju dengan pendekatan umum seperti ini, jelas Killi. “Ada juga yang tidak ingin bekerjasama dan menekankan hanya ada satu Islam yang benar, yaitu Islamnya mereka.”
Pembahasan kerjasama dengan calon organisasi penyiaran lain, yaitu De Stichting Moslim Omroep Nederland (SMON), berjalan kurang baik. SMON sepertinya menolak mengakui Ahmadiyah sebagai mitra yang sederajat.

Menutup
Radi Suudi membantah bahwa organisasinya, SMON, ingin mengucilkan Ahmadiyah. “Kami ingin bekerjasama. Yang SMO inginkan dari kami adalah supaya kami memberikan keterangan tertulis bahwa kami mengakui Ahmadiyah sebagai salah satu aliran agama Islam. Itu adalah sebuah masalah teologis yang tidak dapat kami bawa sebagai organisasi jurnalistik.”
Menurut rencana, minggu ini akan diumumkan organisasi penyiaran mana yang mendapatkan waktu siaran dan menjadi saluran penyiaran Muslim yang baru di Belanda. RNW

25 Desember 2009 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , ,

5 Komentar »

  1. Kapan Islam Indonesia bisa seperti ini?

    Komentar oleh Ketut | 25 Desember 2009 | Balas

  2. Untuk jelasnya apakah dan siapakah Ahmadiyah itu menurut kitab suci Muhammad saw. dan Al Kitab suci perjanjian lama dan perjanian baru, maka milikilah dan bacalah buku panduan terhadap isi kitab-kitab suci berjudul:

    “BHINNEKA CATUR SILA TUNGGAL IKA”
    Bonus: “SKEMA TUNGGAL ILMU LADUNI TEMPAT ACUAN AYAT KITAB SUCI TENTANG KESATUAN AGAMA (GLOBALISASI)” berukuran 63×60 cm.
    Penulis: SOEGANA GANDAKOESOEMA
    Penerbit GOD-A CENTRE
    Alamat: Perum. Puri BSI Permai Blok A1 no.3, Jl.Sanudera Jaya, Kelurahan Rangkapan Jaya, Depok 16435, Jawa Barat, Indonesia.

    Salaum ‘alaikum diman ila yaumiddin,
    Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

    Komentar oleh Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi. | 7 Februari 2010 | Balas

  3. SOEGANA GANDAKOESOEMA
    TELEPON: 62.21.77884755
    HP: 081383456359

    Slamun ‘alaikum daiman ila yaumiddin,
    Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi.

    Komentar oleh Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi. | 7 Februari 2010 | Balas

  4. ahmadiyah tak akan bisa di anggap sbagai organisasi islam karna ia bukan agama islam…
    ahmadiyah tak akan di akui di tanah air…
    klo aliran islam yg lain mereka emang islam…
    tapi ini megaku ngaku islam enak saja…
    licik benar taktik kristen…seperti belut…
    yg jadi korban orang islam yg tak tahu agama…
    bakar hidup2 ahmadiyah…
    basmi ahmadiyah…

    Komentar oleh syahdan | 25 Mei 2010 | Balas

  5. Buku “Bhinneka Catur Sila Tunggal Ika”
    tersedia di
    Perumahan Puri BSI Permai Blok A3
    Jl. samudera Jaya
    Kelurahan Rangkapan Jaya
    Kecamatan Pancoran Mas
    Depok 16435
    Telp./Fax. 02177884755
    HP.085881409050

    Komentar oleh Soegana Gandakoesoema | 24 Januari 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: