Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Kabar Gembira, Pemerintah Niat Revisi Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)


Jakarta – Mungkin ini kabar yang paling menggembirakan dipenghujung tahun 2009 ini, terutama bagi para Neter. Seperti dikabarkan Detik.Com, Rabu (23/12/2009), pemerintah berniat merevisi Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
Ini dimaksudkan agar undang-undan kontroverial diawal rancangannya itu, seperti kita ketahui telah memakan beberapa korban oleh pasal-pasal kasetnya itu. Niat pemerintah itu kontan saja langsung mendapat berbagai dukungan.
Detik.Com merilis, Kepala Yayasan Sains Estetika dan Teknologi (SET), Agus Sudibyo, salah satunya yang mendukung penuh revisi UU ITE. Terutama penghilangan pasal-pasal karet tentang pencemaran nama baik.
“Pasal-pasal pencemaran nama baik harus hilang,” ujar Agus, Rabu (23/12/2009). Menurut dia, UU ITE harusnya hanya mengatur soal transaksi elektronik untuk mengantisipasi adanya cyber crime. Bukan malah meluas mengatur semua informasi yang ada di internet.
Ia menjelaskan, perluasan pengaturan informasi di internet oleh UU ITE tidak lazim, dan hanya terjadi di Indonesia. “Ya, jadinya kriminalisasi hak untuk berpendapat seperti kasus Prita,” ujar Agus.
Sebelumnya, Menteri Hukum (Menkum) dan HAM Patrialis Akbar menyatakan pemerintah berniat merevisi UU ITE. Menkum HAM menilai UU itu telah mengebiri ekspresi orang untuk menyampaikan pendapat.
“Saya kira itu mesti diubah karena itu sangat sensitif,” ujar Patrialis kemarin.

23 Desember 2009 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. Kita-kita juga dukung ya!

    Komentar oleh Naba | 23 Desember 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: